Waspadai 4 Modus Kejahatan Saat Liburan

Jejak | Sabtu, 28 November 2015 13:02
Waspadai 4 Modus Kejahatan Saat Liburan

Reporter : Puri Yuanita

Banyak tindak kejahatan dengan beragam modus yang bisa saja Anda alami saat berlibur di suatu tempat.

Dream - Momen liburan akhir tahun segera tiba. Berbagai destinasi liburan dipilih para traveler untuk melewatkan momen pergantian tahun secara spesial.

Meski menyenangkan, momen-momen liburan tak boleh membuat Anda lengah terhadap bahaya yang mengintai. Banyak tindak kejahatan dengan beragam modus yang bisa saja Anda alami saat berlibur di suatu tempat.

Untuk mengantisipasi, Anda harus mengenali modus-modus kejahatan yang biasa digunakan oleh para pelakunya.

Berikut 4 modus penipuan yang harus diwaspadai ketika berlibur dilansir dari Huffingtonpost: 

 

Klik halaman berikutnya..... 

2 dari 5 halaman

Pura-pura Temukan Cincin


Dream - Anda patut curiga bila ada seseorang yang berpura-pura menemukan cincin di tanah di depan Anda dan langsung bertanya, apakah itu milik Anda.

Ketika mengatakan tidak, maka mereka akan mencoba menjualnya kepada kita. Jadi, sebisa mungkin Anda menolak dan jangan terlihat seolah tertarik terhadap cincin tersebut. Abaikan saja dan pergi secepat mungkin.

3 dari 5 halaman

Mengikatkan Gelang


Dream - Di beberapa negara ada modus kejahatan mengikatkan gelang. Ada orang akan datang kepada Anda dan mengikatkan gelang di pergelangan tangan.

Namun, gelang dipasangkan terllau ketat di pergelangan tangan sampai tidak bisa dilepas. Setelah itu mereka akan menuntut Anda untuk membeli gelang tersebut.

Jadi, jika tidak tertarik, sebisa mungkin menghindar untuk dipasangkan gelang. Pergi menjauh dan menghindarkan tangan Anda dari genggamannya.

4 dari 5 halaman

Polisi Gadungan

Dream - Ada modus di mana seseorang mengaku dirinya sebagai polisi dan meminta Anda memperlihatkan visa atau paspor.

Setelah itu, mereka akan ngotot ada sesuatu yang salah pada visa atau paspor Anda. Kemudian mereka meminta uang suap atau meminta Anda membayar denda.

Jangan percaya begitu saja jika Anda mendapati modus semacam itu. Pastikan pula visa dan paspor Anda tak bermasalah sebelum pergi ke luar negeri.

5 dari 5 halaman

Berkedok Sopir Taksi

Dream - Beberapa taksi akan mengantar Anda dari bandara menuju hotel atau tujuan lain. Namun, adapula beberapa taksi 'palsu' yang tidak mengambil rute langsung menuju tujuan Anda sehingga ongkos lebih mahal.

Karena itu, sebaiknya saat hendak liburan pelajari betul-betul rute tempat yang bakal menjadi tujuan Anda. Bisa pula gunakan aplikasi map yang tersedia di gadget agar terhindar dari modus penipuan berkedok supir taksi.

 

Terkait
Join Dream.co.id