Mahasiswa Jepang Takjub Lihat Cara Membatik Indonesia

Jejak | Jumat, 27 November 2015 15:20
Mahasiswa Jepang Takjub Lihat Cara Membatik Indonesia

Reporter : Dwi Ratih

Batik sudah sangat dikenal di Jepang dengan sebutan "Jawa Sarasah".

Dream - Puluhan mahasiswa Jepang antusias mendapat kesempatan belajar membatik.

Kesempatan langkah ini diperoleh mahasiswa Jepang saat mengikuti workshop batik bertema " Experience The Wonderful of Indonesia Through Batik Workshop yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata di Bunka Gakuen University, Tokyo pada Kamis, 26 November 2015.

Kegiatan semacam ini diharapkan dapat mengangkat batik ke panggung dunia. Hingga ke depannya bisa lebih dikenal dan diapresiasi oleh para perancang busana mancanegara.

Kegiatan workshop dipandu perancang batik asal Pekalongan Aditya Yusma. Sehingga para peserta dapat menanyakan teknik membatik langsung kepada ahlinya.

Tak hanya membatik, para mahasiswa peserta workshop juga mempelajari sejarah dan motif-motif batik serta melihat busana batik rancangan Sanggar Aditya yang dikenakan para model.

" Mereka diajari mulai dari proses mencanting dan pewarnaan dengan proses mencolet," kata Kepala Seksi Festival, Seni dan Budaya Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata Dody Prianto di Tokyo.

Sementara itu, pimpinan Bunka Gakuen University Endo Hajime mengatakan batik sudah dikenal di Jepang dengan sebutan " Jawa Sarasah" . Sebelumnya proses pembuatan batik pun sudah dilakukan di Jepang. Namun diakuinya, kegiatan semacam itu sudah mulai berkurang.

" Melalui workshop ini akan bisa dibandingkan proses pembuatan batik yang dilakukan di Jepang dan di Indonesia," tuturnya.

Join Dream.co.id