Bawa Pesan Damai, Pria Ini Berenang Lintasi Dua Negara

Jejak | Selasa, 29 September 2015 12:07
Bawa Pesan Damai, Pria Ini Berenang Lintasi Dua Negara

Reporter : Puri Yuanita

Matias akhirnya tiba di Indonesia dengan tujuan untuk menyatukan Asia dengan Oceania dengan berenang dari Jayapura, Indonesia ke Vanimo, Papua Nugini.

Dream - Baru-baru ini Kementerian Pariwisata RI memberi penghargaan kepada seorang pria asal Argentina, Matias Ola atas kiprahnya dalam menggagas proyek 'Unir el Mundo'.

Unir el Mundo adalah kegiatan renang lintas batas teritorial antarbenua dengan tujuan untuk menyatukan dunia dengan pesan perdamaian, solidaritas dan persatuan antarumat manusia sembari memperkenalkan aspek budaya dari wilayah-wilayah yang dikunjungi.

Sebelum menjalankan proyek ini, Matias Ola adalah seorang perenang profesional dari Tim Regional Argentina. Ia telah mencetak banyak prestasi dalam berbagai turnamen. Matias pun merasa, berenang sebagai dunia yang dicintainya dan berkomitmen untuk menjadikan renang sebagai kegiatan yang lebih bermanfaat bagi banyak orang. Hingga akhirnya tercetuslah ide untuk membuat proyek Unir el Mundo.

Perjalanan pertama Matias dilakukan pada Agustus 2013. Ia melintasi Eurasia dan Amerika dengan berenang melalui Selat Bering. Kemudian melintasi dua benua, Asia dan Eropa melalui Bosphorus pada Oktober 2013. Dilanjutkan pada 12 September 2015, Matias Ola berhasil mengarungi Selat Gibraltar, menyatukan Asia dan Afrika.

Pada tanggal 20 September 2015 lalu pun Matias akhirnya tiba di Indonesia dengan tujuan untuk menyatukan Asia dengan Oceania dengan berenang dari Jayapura, Indonesia ke Vanimo, Papua Nugini.

Proyek lintas batas Indonesia-Papua Nugini ini pun didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia dalam bentuk pendampingan dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura terkait pendampingan keamanan dan perizinan.

Setelah berhasil merealisasikan cita-citanya melintasi Indonesia-Papua Nugini, Matias pun menyatakan rasa terimakasihnya pada seluruh pihak di Indonesia.

" Kegiatan ini tidak akan berhasil tanpa adanya bantuan dari seluruh pihak di Indonesia seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Luar Negeri, Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota Jayapura," kata Matias.

Tak hanya itu, pria Argentina ini juga menyatakan kekagumannya pada keindahan dan keramahan masyarakat Papua yang belum pernah ia rasakan sebelumnya.

Matias Ola menyebut Papua sebagai gugusan pulau terindah di dunia, dan bersama Unir el Mundo ia ingin memperkenalkan Papua ke dunia sebagai tempat yang ramah dan indah bagaikan surga.

(Sumber: situs resmi Kementerian Pariwisata RI)

 

 

Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id