7 Tips Rawat Hijab Agar Tidak Mudah Rusak

Tutorials | Jumat, 16 April 2021 10:27

Reporter : Dwi Ratih

Apalagi buat kamu yang tiap harinya menggunakan hijab. Ini penting banget!

Dream – Hijab, jadi item penting buat para Muslimah. Meski kamu bukan pengguna hijab di keseharian, tapi pasti kamu memiliki hijab untuk digunakan di acara keagamaan, dong, ya?

Tentu perawatan hijab jadi hal yang nggak boleh dilewatkan begitu saja, apalagi buat kamu yang setiap harinya menggunakan hijab. Jangan sampai, hijab yang numpuk di lemari jadi cepat rusak akibat perawatan yang kurang intensif.

Terlalu sering menggunakan hijab yang sama, dicuci berulang, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih cepat jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk itu, berikut ada bebarapa cara merawat hijab yang wajib banget kamu lakukan. Yuk simak!

7 Tips Rawat Hijab Agar Tidak Mudah Rusak
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

1. Mencuci hijab dengan tangan

Sebisa mungkin mencuci hijab dengan tangan, jangan pakai mesi cuci agar lebih awet. Karena hijab biasanya berbahan tipis dan lembut, jadi mencucinya harus diperhatikan dengan baik agar serat kain tidak cepat rusak.

2. Pisahkan hijab

Sebelum mencuci, pastikan hijab dipisahkan berdasarkan warna, gelap dengan gelap dan terang dengan terang. Cara ini dilakukan agar menghindari kelunturan pada warna kain.

 Ilustrasi
© Shutterstock

3. Kurangi deterjen

Penggunaan deterjen pada hijab tidak akan membuat lebiih bersih melainkan akan membuat hijab lebih sulit dicuci. Dengan deterjen, cucian hijab akan menghasilkan busa yang sangat banyak sehingga sulit untuk dibilas.

4. Hindari pemutih

Jika terdapat noda pada hijab, jangan langsung menggunakan pemutih karena bisa saja dengan pemutih itu menambah noda baru di hijab. Lebih baik gunakan cairan alami seperti cuka untuk membersihkan noda.

3 dari 3 halaman

5. Jangan diperas terlalu kencang

Bahan hijab akan mudah berkerut dan keriting bila diperas terlalu kencang, jadi perasa hijab secara perlahan, ya, Sahabat Dream.

6. Jemur di tempat teduh dan membentang

Agar warna hijab tidak cepat memudah, jemurlah hijab di tempat teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, menjemurnya juga harus dalam posisi membentang agar tidak menjadi melar.

 Ilustrasi
© Shutterstock

7. Setrika dengan suhu rendah

Suhu tinggi akan membuat hijab lebih cepat kusut. Gunakan setrika dengan suhu yang rendah agar tidak merusak kain hijab. Jika hijab berbahan sutra, bisa setrika dengan suhu rendah saat masih lembap.

Laporan: Josephine Widya, Sumber: Elzatta

Join Dream.co.id