6 Rahasia Hijab Seperti Selalu Baru

Tutorials | Kamis, 1 April 2021 10:10
6 Rahasia Hijab Seperti Selalu Baru

Reporter : Dwi Ratih

Dijamin kantong jadi irit.

Dream – Sebagai wanita muslimah, tampilan hijab merupakan hal penting untuk diperhatikan setelah outfit lainnya. Bukan cuma sebagai penutup kepala saja, namun hijab sudah jadi bagian wajib dari outfit muslimah berhijab.

Namun, tak jarang masalah hijab yang kusam dan cepat longgar membuat kepercayaan diri berkurang.

Tidak harus selalu membeli hijab baru untuk tampil menawan, Sahabat Dream. Kamu cukup merawatnya dengan baik dan benar agar hijab bisa digunakan dalam waktu lama.

Agar kantong nggak bolong perkara sering beli hijab, tentu Sahabat Dream ingin dong hijab lama jadi hijab 'rasa baru'?

Jika iya, kamu wajib banget simak dan lakukan tips dan trik berikut, ya:

2 dari 4 halaman

1. Cuci hijab tanpa mesin cuci

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah untuk mencuci hijab dengan tangan, sebab penggunaan mesin cuci dapat mengubah bentuk hijab jadi lebih longgar.

Namun jika kamu tetap ingin mencucinya di mesin cuci, sebaiknya kamu memasukan hijab ke dalam tas laundry jaring atau sarung bantal terlebih dahulu untuk menghindari hijab tergulung dengan pakaian lainnya saat di mesin cuci.

Perlu diingat untuk tidak menyikat hijab karena akan merusak tekstur. Jika terdapat noda, rendam saja lalu kucek menggunakan tangan.

2. Pisahkan hijab berwarna gelap dan terang

Agar menghemat waktu, kamu pasti pernah menggabungkan semua cucian hijab mu secara bersamaan bukan? Padahal cara tersebut bisa bikin warna hijab jadi luntur.

Untuk itu penting memisahkan berwarna gelap dan terang, atau hijab yang berpotensi luntur. Terlebih jika masih baru dan berserat renggang.

3 dari 4 halaman

3. Gunakan sedikit deterjen dan pemutih

Hindari penggunaan detergen berlebihan, sebab selain dapat merusak serat kain juga dapat membuat hijab lebih pudar.

Sama halnya dengan penggunaan pemutih pada hijab putih yang telah menguning, bukannya terlihat baru karena lebih terang, justru hijab mu akan rusak jika terlalu banyak pemutih.

Gunakan sedikit dan seperlunya saja meningat hijab berbahan tipis.

4. Peras dengan pelan

Agar cepat kering ketika dijemur kita seringkali memeras air cucian hijab dengan keras agar airnya berkurang. Padahal kebiasaan tersebut dapat merusak hijab dan membuatnya menjadi longgar.

Untuk memeras hijab berbahan sutra, kamu bisa letakkan di atas handuk terlebih dahulu, lalu gulung menjadi satu dan peras dengan lembut.

4 dari 4 halaman

5. Jemur di tempat teduh

Hijab merupakan pakaian yang cepat kering setelah dicuci karena bahannya tipis, untuk itu ketika menjemurnya diluar ruangan, kamu bisa jemur ditempat yang teduh dan terkena angin.

Sebab, jika menjemurnya langsung dibawah cahaya matahari, warnanya perlahan akan memudar.

6. Setrika dengan suhu yang tepat

Jika menyetrika hijab dengan suhu yang terlalu panas, hijab dapat mudah kusut bahkan merusaknya. Untuk itu aturlah suhu setrika serendah mungkin dan setrika bagian belakang hijab agar mempertahankan warna pada depan hijab.

Lalu, simpan hijab dengan baik dengan cara menggantungnya agar bentuk hijab tetap rapi. Jangan letakkan kapur barus disekitar hijab, sebagai gantinya kamu bisa gunakan sachet lavender, selain menjauhkan dari ngengat ia juga memiliki aroma yang harum.

Itu dia langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk menjaga hijabmu awet dan tahan lama. Lakukan secara rutin, ya, Sahabat Dream!

Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Aquila Style

Join Dream.co.id