Terkuak Diskriminasi Perempuan Berhijab di Industri Perhotelan

Mix And Match | Selasa, 14 November 2017 12:31
Terkuak Diskriminasi Perempuan Berhijab di Industri Perhotelan
(Foto: Shutterstock)

Reporter : Ratih Wulan

Diskriminasi pada perempuan berhijab kembali lagi terjadi di hotel. Kali ini menimpa karyawannya.

Dream - Perlakuan diskriminasi kepada perempuan berhijab kembali terjadi. Sebelumnya, ada hotel yang melarang perempuan berhijab untuk menggunakan kolam renangnya. Namun sekarang, terjadi hal yang lebih parah lagi.

Sebuah hotel di Malaysia melarang wanita berhijab untuk menduduki posisi resepsionis. Peraturan ini mendapat kecaman dari Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan setempat.

Wakil Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Datuk Mas Ermieyati Samsudin menyebut jika larangan itu jelas-jelas melanggar hak kebebasan praktik keagamaan yang terkandung dalam Konstitusi Malaysia dan Islam sebagai agama Federasi.

 Shutterstock
© dream.co.id

Bahkan disebutkan oleh Samsudin jika secara internasional tidak pernah ada kebijakan semacam itu, terutama di negara kaya minyak Asia Barat sendiri.

" Pemilik hotel di Malaysia perlu mengetahui konstitusi federal, yaitu kebebasan beragama dan hal itu harus dihormati. Itu bahkan terjadi pada ipar laki-laki saya sendiri."

" Ketika saya pergi wawancara sebagai pekerja di sebuah hotel, atasan di sana memberi tahu saya bahwa dia tidak membolehkan pegawai mengenakan hijab dan mereka harus mengenakan rok," ucap Mas Ermieyati menyayangkan.

 Shutterstock
© dream.co.id

Sebelumnya, Asosiasi Hotel Malaysia (MAH) dilaporkan telah mempertahankan praktik operator hotel, yang melarang pekerja wanita Muslim bekerja sebagai resepsionis.

Presiden MAH, Cheah Swee Hee membantah bahwa larangan yang dikenakan pada staf Muslim adalah bentuk diskriminasi agama. Ia justru mengklaim jika hal itu merupakan bagian dari kebijakan internasional.

 Dia juga mengatakan bahwa setiap hotel yang berstatus internasional, memiliki prosedur operasional standar (SOP) dan kebijakan perusahaan yang telah ditentukan.

(Sumber: Mynewshub)

Terkait
Join Dream.co.id