Ragam Hijab Unik di Panggung Indonesia Fashion Week

Mix And Match | Selasa, 2 April 2019 10:10

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dari hijab era Victoria sampai terumbu karang.

Dream - Pekan mode Indonesia Fashion Week (IFW) usai digelar di Jakarta Convention Center pada 27-31 Maret 2019. Para desainer berbondong-bondong memamerkan karya mereka di panggung runway.

Seperti tahun sebelumnya, IFW selalu mengangkat kekayaan Indonesia sebagai inspirasi fashion. Kali ini giliran Tanah Borneo yang menjadi sorotan di perhelatan busana.

Sebanyak 200 desainer Tanah Air menampilkan ragam busana Muslim dan konvensional. Bahan yang digunakan berasal dari Kalimantan, seperti kain Sasirangan, tenun Pagatan, benang bintik dan sarung Samarinda.

Tak hanya busana, Borneo juga menginspirasi makeup look dari para model IFW. Wardah mengangkat 6 inspirasi makeup bertema Borneo, diantaranya Fairy Forest, Radiant Opulence, Island Charm, Alluring Horizon, Coral Treasure dan Bloom in Mauve.

Beberapa koleksi hijab yang diboyong juga sangat unik. Sahabat Dream penasaran?

Lihat koleksinya di bawah ini:


Ragam Hijab Unik di Panggung Indonesia Fashion Week
Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com
2 dari 3 halaman

Hijab Terumbu Karang

Ria Miranda mengajak penonton untuk menyelam ke dasar laut Borneo dan menyaksikan keindahan terumbu karang. Aneka hijab berornamen unik meramaikan panggung runway.

 Ria Miranda© Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Detail cantik seperti headpiece terumbu karang, penutup kepala ubur-ubur dan topi pantai menjadi poin plus di pertunjukan Equator Treasure Wardah x Ria Miranda lewat koleksi 'Lacia'.

Hijab Era Victoria

Desainer Linda dari label L-Two memberi sentuhan era victoria di kain tradisional Borneo. Hasilnya adalah koleksi 'The Beauty of Victorian' yang elegan dan memesona.

 L-Two© Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Hijab dibentuk dengan unik ke dalam model rambut khas wanita victoria dengan detail ornamen topi bunga, kerah tinggi higga lace parasol.

Hijab Nusantara

Berkolaborasi dengan ZALORA, Itang Yunasz meluncurkan koleksi 'Kamilaa' yang mengambil unsur budaya Indonesia mulai dari Palembang, Kalimantan hingga Sumba.

 Itang Yunasz© Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Koleksi hadir dalam bentuk blouse, tunik, gamis, dan kaftan yang cocok digunakan untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri.

3 dari 3 halaman

Hijab Syar'i

Di tengah pesatnya tren hijab modern, eksistensi hijab syar'i ternyata tidak meredup. Zaskia Sungkar membawa 15 koleksi busana syar'i bernuansa tradisional.

 Zaskia Sungkar© Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Akulturasi budaya Kalimantan menjadi jantung pada koleksi kali ini. Bertajuk 'Hulu Berkirana', aneka gaun bersiluet fitted terlihat berpadu manis dengan kain tenun Borneo.

Ada juga koleksi hijab syar'i dari label RDK Syar'i yang membawa 9 look ke atas runway. Teknik layering menghasilkan tampilan lembut nan elegan.

 RDK Syar'i© Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Foto: Nurwahyunan Nur/KapanLagi.com

Tak melulu hitam, RDK Syar'i menyuntikkan nuansa earth color yang menjadi tren warna modest wear 2019 seperti mustard, teracotta, cokelat dan navy.

Join Dream.co.id