Baju Wisuda 'Zero Waste' Lulusan Islamic Fashion Institute

Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream
MIX AND MATCH  |  20 Desember 2018 11:21

Baju wisudawan dibuat hanya dengan memakai kain selebar 5 meter.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dream - Islamic Fashion Institute (IFI) Bandung kembali melahirkan bibit desainer unggul. Sebanyak 10 siswa diluluskan di acara Haflatu at Takhorruj Batch 4, Rabu 19 Desember 2018.

Bertajuk 'Notre Voyage', perjalanan para siswa meraih mimpi dicurahkan ke dalam busana muslim ready to wear.

" Kami bersama-sama menyatukan benang merah dari 10 desainer. Mereka punya spirit yang sama namun dengan gaya yang berbeda. Ini bagaikan jurnal perjalanan mereka menuju perubahan yang lebih baik. Insyaallah menjadi jalan mereka hijrah," tutur Hanni Haerani, Director IFI di Bandung, Rabu 19 Desember 2018.

Seluruh koleksi merupakan hasil belajar siswa selama sembilan bulan. Setelahnya, mereka hanya diberi waktu dua bulan untuk diskusi dan satu bulan untuk produksi.

Waktu yang singkat tak mematahkan semangat mereka. Busana dibuat dengan mengedepankan kaidah Islam yang dipadu dengan gaya konvensional. Inspirasinya sangat beragam, mulai dari taksi hingga video game.

 Karya SIswa IFI Batch 4

Berbeda dari kelulusan sebelumnya, acara kali ini mengusung konsep Zero Waste. Para siswa diharuskan untuk mendesain tanpa menyisakan bahan sedikitpun. Busana ini dipakai oleh siswa sebagai seragam kelulusan.

 Graduates IFI Batch 4

" Mereka diberi bahan kain hitam selebar 5 meter, tidak boleh ada yang terbuang. Mereka berusaha mempertanggungjawabkan desain masing-masing agar tidak lagi menyampah," kata Hanni memaparkan.

Nantinya, para siswa dibebaskan memilih pasar untuk menjual karya mereka. Setidaknya ada empat lini pasar modest wear di Indonesia, yakni Modest Modern, Modest Konvensional, Syar'i Modern dan Syar'i Konvensional.

" Kami tidak menghalangi mereka berekspresi, yang penting masih sesuai kaidah Islam. Seni itu luas dan abstrak," ujarnya.

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Suasana saat Gunung Tangkuban Perahu Meletus
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :