Jarang Diketahui, Ini Tips Mencuci Sneaker Putih yang Benar!

(Foto: Shutterstock)
MIX AND MATCH  |  13 November 2017 09:30

Sepatu sneakers memang sedang hits, jangan sampai salah merawatnya. Begini cara mencuci sepatu yang benar.

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Belakangan ini, sneakers menjadi sepatu andalan di kalangan hijabers. Terutama sneakers putih, yang menjadi salah satu item fashion paling hits setahun belakangan.

Sneakers merupakan pilihan yang paling mudah digunakan untuk berpergian. Selain modelnya yang sporty, alas kaki jenis ini sangat nyaman untuk dipakai.

Namun terkadang, saat terlalu sering dipakai membuat sneakers cepat kotor. Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara mudah untuk menjaga sneakers kesayanganmu kembali bersih seperti semula.

1. Lepaskan Tali Sepatu
Dilansir dari Popsugar, sneakers yang memiliki tali harus terlebih dahulu dilepaskan. Hal ini dilakukan agar kotoran di dalam lubang-lubang tali, tidak menumpuk dan menimbulkan noda. Kamu dapat merendam tali sepatu dalam air sabun di wadah terpisah.

2. Gunakan Sikat Gigi
Sikat gigi dan mampu menggosok kotoran tanpa merusak sepatu. Padukan dengan satu sendok teh deterjen, gosok perlahan-lahan pada noda membandel. Apabila terdapat sisa permen karet yang menempel pada sepatu, kamu bisa membekukan sepatu terlebih dahulu. Dengan begitu, permen karet akan mengeras dan dapat dengan mudah dilepaskan.

 Shutterstock

3. Gunakan Magic Eraser
Sponge dengan jenis magic eraser mampu menghilangkan noda pada bagian sol sepatu. Kotoran akan dengan mudah hilang. Namun, sponge ini akan terkikis seiring dengan gosokan pada sepatu. Pastikan untuk membersihkan sisa kikisan sponge.

4. Gunakan Mesin Cuci
Sebelum memasukan sepatu ke dalam mesin cuci, kamu bisa membungkusnya di dalam kantung laundry atau digulung dengan menggunakan handuk tebal. Lapisan tersebut akan mencegah sepatu bergesekan dengan bagian dinding mesin cuci. Gunakan air dingin dan putaran mesin yang sedang. Perpaduan deterjen dan cuka mampu menghilangkan noda membandel.

 Shutterstock

5. Keringkan Sepatu
Karena sifatnya yang tebal, sneakers harus dikeringkan dengan menggunakan kipas angin. Hindari mengeringkan sepatu di dalam mesin pengering karena akan merusak lem pada sepatu.

6. Pasang Kembali Talinya
Tali yang sudah selesai dicuci dapat langsung dipasang kembali pada sepatu. Namun pastikan kamu telah mengeringkannya dengan benar agar tidak berjamur.

Sekarang, sepatumu sudah bersih seperti awal kamu membelinya. Padukan dengan pakaian sporty, dan kamu siap untuk jalan-jalan.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

 

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terungkap, Ini Harga Cicilan Apartemen Nikita Mirzani
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :