Jangan Bingung, Ini Tips Tentukan Bentuk Wajah & Hijab yang Cocok

Mix And Match | Sabtu, 24 April 2021 10:22
Jangan Bingung, Ini Tips Tentukan Bentuk Wajah & Hijab yang Cocok

Reporter : Dwi Ratih

Jadi, bentuk hijab seperti apa yang sesuai dengan wajah mu?

Dream – Bagi wanita muslimah, menggunakan hijab tidak hanya sebagai kewajiban namun juga sebagai identitas diri.

Namun perlu kamu ketahui juga bahwa tampilan hijab yang sesuai dengan bentuk wajah pun dapat meningkatkan kepercayaan diri. Tak cuma soal warna, tetapi terdapat hal yang tak kalah penting ketika ingin menggunakan hijab secara nyaman.

Ada baiknya kamu dapat menyesuaikan bentuk wajah dengan model dan bahan hijab yang akan digunakan.

Seringkali kita ragu apakah bentuk wajah kita termasuk bulat, lonjong, persegi atau lainnya. Untuk itu ada cara mudah dalam menentukan bentuk wajah:

2 dari 5 halaman

Mengidentifikasi Bagian Terluas pada Wajah

Jika dahi dan wajah mengecil ke dagu, berarti kamu memiliki wajah berbentuk hati, atau yang juga disebut wajah segitiga.

Namun, jika area tulang pipi paling lebar, berarti kamu memiliki wajah berbentuk diamond atau berlian. Terakhir, jika setiap area wajah sama lebarnya, berarti kamu memiliki wajah berbentuk persegi atau bulat.

Tentukan bentuk rahang

Hal yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah bentuk rahang. Biasanya, orang dengan bentuk rahang bulat memiliki bentuk wajah bulat.

Di sisi lain, wajah yang berbentuk persegi adalah yang orang yang memiliki garis rahang terkuat, namun pada beberapa wajah bentuk berlian juga dapat memiliki rahang persegi.

Jika kamu memiliki dagu lancip, berarti wajah kamu berbentuk hati.

3 dari 5 halaman

Tentukan Panjang Wajah

Kamu bisa menentukan panjang wajah dengan cara mengukur dua garis pada wajah. Mulai dari satu garis horizontal di bawah mata, hingga satu telinga ke telinga lainnya.

Jika rasionya adalah satu lebar dan panjang 1,5, berarti kamu memiliki panjang wajah rata-rata. Namun jika rasionya 1: 1, berarti bentuk wajah kamu adalah bulat.

Jika kamu memiliki wajah yang panjang, kemungkinan besar bentuknya persegi panjang atau lonjong, tetapi itu juga bisa menjadi indikator bentuk wajah lainnya.

Ketika sudah mengetahui bentuk wajah, kamu bisa menentukan gaya hijab seperti apa yang bisa mendukung tampilanmu. Misalnya:

4 dari 5 halaman

Wajah oval

Pada wajah yang berbentuk oval kamu bisa cenderung bisa menggunakan hijab dengan gaya apapun, namun jika dahi mu cenderung berbentuk bulat, maka lebih baik kamu memakai ciput di bawah hijab untuk mengurangi kesan kebulatan tersebut.

Wajah lonjong

Satu-satunya perbedaan antara bentuk lonjong dan oval adalah dahi dan dagu yang sedikit lebih panjang.

Untuk menyeimbangkan bentuk wajah yang panjang, kamu perlu menambahkan volume ke arah dahi, seperti gaya turban. Hindari memberi bentuk yang lancip pada bagian hijab di dahi agar tidak semakin lonjong.

5 dari 5 halaman

Wajah bulat

Wajah berbentuk bulat berarti memiliki sisi wajah yang sama, tidak hanya dari lebarnya tapi juga dari sisi panjangnya.

Untuk memberi kesan tirus kamu bisa gunakan hijab segiempat, dengan posisi sedikit di depan rahang atau bisa memberikan sedikit lipatan pada kedua sisi.

Bentuk kotak

Kamu bisa memakai hijab model rounded shape yang sedikit lebih lancip untuk menjaga dagu dan tulang pipi yang mencolok, karena hijab yang sedikit lancip akan membuat wajah terlihat lonjong atau tirus.

Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Medium @darine

Join Dream.co.id