Berhasil Jalani Fase Tersulit Ini, Pernikahan Dijamin Langgeng

(Foto: Shutterstock)
MIX AND MATCH  |  14 November 2017 09:30

Survei membuktikan jika tahun ke-5 dan ke-7 adalah fase terberat dalam pernikahan. Alasannya karena....

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Setiap hubungan rumah tangga pasti memiliki masalah masing-masing. Beberapa pasangan berhasil melewati fase paling sulit dalam kehidupan rumah tangga mereka. Namun, ada juga yang mengaku sangat sulit bertahan dalam mempertahankan bahtera rumah tangga mereka.

Dalam pernikahan, memang ada fase paling membahagiakan. Namun, ada juga masa paling sulit untuk dijalani. Salah, jika kamu berpikir bahwa tahap awal adalah masa yang paling membahagiankan.

Sebab, kebahagian yang pasangan pengantin baru rasakan hanya bersifat sementara. Keharmonisan dan cinta kasih yang dirasakan hanya berlangsung sebentar saja.

Setelah setahun atau 2 tahun menikah, pasangan pengantin ini akan kembali menghadapi kenyataan hidup. Dilansir dari Boldsky, pakar hubungan mengatakan jika pada umumnya tahun ke-3merupakan tahun terindah dalam hubungan perkawinan.

Sedangkan tahun ke-5 dan ke-7 adalah fase terberat dalam kehidupan pernikahan. Data dari banyak survei nampaknyanya mendukung argumen ini. Lalu, bagaimana alasan ilmiah menjelaskannya?

 Shutterstock

Setelah 3 tahun, ada pendapat populer bahwa cinta memudar seiringnya waktu. Namun sebaliknya, ikatan antara pasangan menguat setelah 3 tahun. Pada saat itu, pasangan mulai menerima kelemahan satu sama lain. Umumnya, jika hubungan menikah bertahan 3 tahun pertama, pasangan cenderung merencakan untuk memiliki anak.

 Shutterstock

Sebagian survei menunjukan jika tahun ke-5 adalah masa yang sangat penting. Saat belum ada keturunan, mungkin saja hubungan rumah tangga bisa goyah saat itu. Berbeda dengan psangan yang sudah memiliki anak. Mereka akan mulai berdebat mengenai tanggung jawab mendidik anak.

 Shutterstock

Berlanjut ke tahun ke-7, pasangan akan mulai merasakan rutinitas yang membosankan. Dalam hubungan kebanyakan, pertengkaran antar pasangan bisa meningkat selama tahap itu. Biasanya berkaitan dengan krisis keuangan, perawatan anak, pekerjaan rumah tangga dan msalah ego sederhana. Pasangan yang bertahan pada fase itu diaggap sangat kuat.

 

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Suasana saat Gunung Tangkuban Perahu Meletus
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :