5 Tren Model Hijab dari Masa ke Masa, Kamu Pernah Pakai yang Mana?

Mix And Match | Rabu, 6 Oktober 2021 08:12

Reporter : Dwi Ratih

5 model hijab ini sempat hits di masanya, bahkan para selebriti juga ramai menggunakannya.

Dream – Kian hari, tren hijab makin menunjukkan taringnya yang makin jadi referensi hijaber sehingga tak kalah menarik dengan tren fashion lainnya.

Tidak cuma sebagai penutup aurat bagi umat muslim saja, tapi hijab juga sudah jadi salah satu fashion item yang memaksimalkan penampilan para hijabers di dunia termasuk Tanah Air kita, Indonesia.

Dari tahun ke tahun, perkembangan model hijab sendiri sangat menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Tapi jika menyingkat waktu, akun Instagram @indahbordir merangkum model hijab yang ramai dan sempat hits di kalangan hijabers.

Jika melihat video milik akun @indahbordir ini, apakah Sahabat Dream juga pernah jadi bagian yang menikmati tampilan model hijab ini?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indahbordir Sidoarjo (@indahbordir)

 

5 Tren Model Hijab dari Masa ke Masa, Kamu Pernah Pakai yang Mana?
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Tahun 1990

Pada awal 90an, gaya hijab sangat klasik dan mudah digunakan. Menggunakan satu jarum pentol atau peniti di bawah dagu, model ini sangat populer di kalangan guru, ibu-ibu, hingga anak muda.

Gaya hijab yang tak lekang oleh waktu ini biasanya menggunakan jilbab segi empat yang dilipat menyerupai segitiga. Model ini sangat sederhana dan praktis.

2. Tahun 2000

Berselang 10 tahun, ternyata model hijab mulai mengalami perkembangan. Saat itu, wanita muslim melilitkan hijab ke bagian leher dan menggunakan inner yang memiliki detail pada bagian depan dahi agar posisinya tetap tegak.

Meski terkesan simpel, namun model satu ini dapat menyesuaikan dengan bentuk wajah siapapun yang menggunakannya. Seketika wajahmu akan terlihat lebih proporsional!

3 dari 4 halaman

Tahun 2010

Setelah berada di era hijab yang tampak sederhana, di tahun 2010 model hijab jadi lebih bervariasi. Seperti model hijab yang sering dikenakan selebriti Zaskia Adya Mecca.

Model hijab yang dimaksud adalah bentuk yang menumpuk di salah satu sisinya sehingga terkesan modis.

Pilihan kain yang semula tampak standar dengan motif polos, kian beragam dengan pilihan motif dan bahan yang bisa disesuaikan dengan pakaian. Tahun ini juga mengawali era munculnya aneka jilbab instan, pashmina instan, atau kerudung instan.

4. Tahun 2015

Tren fesyen muslim di 2015 didominasi gaya yang modern, elegan, anggun, dan sederhana. Sama halnya seperti gaya hijab simpel dengan nuansa monokromatik.

Wanita muslim dengan hijab bertumpuk sudah jarang terlihat, karena mereka lebih mengutamakan kenyamanan dan kemudahan. Jika kamu menyukai model ini, kamu dapat memilih bahan sifon yang bertekstur. Kamu langsung terlihat simpel, cantik, dan syar’i.

© Dream
4 dari 4 halaman

Tahun 2020

Jika dilihat dari perkembangannya, wanita muslim lebih menyukai hijab yang simpel dan tidak memakan banyak waktu saat menggunakannya.

Sebab di tahun 2020 tren hijab jauh lebih sederhana namun tetap elegan.

Kembali dengan warna pashmina yang lebih kalem dan tidak terlalu bercorak, model hijab ini hanya menggunakan satu peniti pada bagian bawah dagu dan menekuk kedua layer ke pundak sehingga tetap sopan dan rapi.

Kira-kira mana nih model hijab yang paling Sahabat Dream suka? Semoga dapat menginspirasi kamu ya!

Laporan: Angela Irena Mihardja & Elyzabeth Yulivia

Join Dream.co.id