5 Bahan Pakaian ini Sebabkan Sensasi Kesetrum, Berani Coba?

(Foto: Shutterstock)
MIX AND MATCH  |  11 Desember 2017 09:30

Tiba-tiba merasa tersetrum tanpa alasan? Coba periksa bajumu!

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Sahabat Dream pasti pernah merasakan sensasi tersetrum ketika bergesekan dengan bahan pakaian, bukan? Jangan kaget, sensasi tersebut sebenarnya merupakan listrik statis yang timbul akibat gesekan dengan benda-benda pemicu.

Meskipun menyebabkan kekagetan, namun hal itu tidak berbahaya untuk kulit maupun kesehatan. Dilansir dari Purewow, ini dia 5 bahan pakaian yang bisa memicu munculnya listrik statis.

1. Wool
Wool bisa menimbulkan arus listrik. Tak heran, bahan ini juga bisa menyebabkan naiknya helaian rambut. Penyebabnya ada pada serat hewan yang mengandung folikel bersifat elektron di dalamnya.

 Purewow

2. Fur
Sama seperti wool, bahan ini juga memungkinkan terjadinya statis karena sama-sama terbuat dari kulit hewan.

3. Sutra
Bahan sutra yang licin seringkali bergesekan dengan kulit pemakainya. Terutama pada gaun pesta, akan terasa sedikit menyetrum pada bagian kaki.

4. Polyester
Bahan kain sintetis ini tidak mengandung zat moisturasi sama sekali. Sifatnya yang kering ini menyebabkan timbulnya reaksi listrik.

 shutterstock

5. Rayon
Sama halnya dengan polyester, walaupun rayon bersifat semi sintesis, sifat bahannya masih terbilang kering. Hindari blouse dengan bahan ini.

 Purewow

Jika pemakaian kain-kain di atas sudha mengganggu kenyamanan, sebaiknya ganti dengan material lainnya. Berikut ada beberapa bahan alternatif yang tidak menyebabkan statis.

1. Katun
Katun bersifat netral, sehingga tidak memicu reaksi statis. Pilih bahan ini pada seluruh pakaian kamu, terutama untuk celana.

2. Kulit
Daripada menggunakan bahan sintetis, gunakan kulit asli. Bahan ini tidak menyebabkan reaksi statis.

 shutterstock

Apabila terlanjur memiliki bahan pemicu statis, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan pelembut pakaian. Kamu juga bisa menyemprotnya dengan hairspray, dan menghindari pemakaian hanger berbahan besi.

Selamat mencoba ya!

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :