4 Tips Membersihkan Pakaian Akibat Noda Kosmetik

(Foto: Shutterstock)
MIX AND MATCH  |  16 Desember 2017 10:00

Tetesan foundation kadang-kadang merusak warna baju. ATasi dengan 4 langkah mudah ini.

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Tanpa disadari, makeup seringkali meninggalkan noda pada pakaian. Selain merusak penampilan, makeup juga bisa merusak pakaian lantaran sifatnya yang sulit untuk dibersihkan.

Noda coklat akibat foundation, pastinya akan mengganggu penampilan pula. Dilansir dari Stylecaster, berikut ini merupakan cara jitu untuk menghapus noda makeup dari pakaian.

1. Lipstik

 shutterstock

Sebagian lipstik bersifat oil-based, untuk itu gunakan makeup remover yang mengandung minyak. Kamu juga bisa menggunakan sabun pencuci noda. Hapus sisa noda dengan tissue terlebih dahulu. Setelah itu, oleskan sabun dan diamkan selama 15 menit. Gosok secara melingkar dengan memakai handuk berbahan terry. Kemudian hapus dengan menggunakan handuk bersih lainnya.

Alkohol juga mampu menghilangkan noda membandel. Celupkan bola kapas ke dalam larutan alkohol, lalu hilangkan noda pada pakaian.

2. Foundation

 shutterstock

Foundation jenis cair dapat menyerap dengan cepat ke dalam pakaian. Bersihkan noda dengan segera sebelum menjadi permanen. Kerok sisa foundation dengan menggunakan pisau plastik, lalu kompres pakaian dengan memakai handuk lembab. Bubuhkan sedikit hidrogen peroksida, kemudian dengan menggunakan sikat gigi.

Untuk foundation powder, teteskan larutan deterjen dan air, gosok dengan jari sebelum melanjutkannya dengan memakai sikat gigi. Baby wipes juga bisa membantu menghilangkan noda. Apabila noda masih membekas, lanjutkan dengan menggunakan pemutih.

3. Maskara

 shutterstock

Untuk noda maskara, kamu perlu menggunakan penghilang noda seperti pemutih terlebih dahulu. Gosok dengan menggunakan sikat gigi, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas memakai air panas. Cuci pakaian segera mungkin dengan deterjen, lalu jemur dengan meletakkannya secara mendatar. Jangan gunakan mesin pengering, karena suhu panas di dalamnya hanya akan membuat noda semakin kuat.

4. Deodoran

 shutterstock

Walaupun bukan termasuk makeup, deodoran bisa meninggalkan noda kuning pada ketiak pakaian. Hapus noda dengan cara digosok dengan deterjen menggunakan kain berbahan nylon.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Streaming Video Mike Tyson & Badou Jack Salat Berjamaah Tuai Kritik
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :