Tips ala Ivan Gunawan untuk Desainer Muda, Nomor 5 Wajib Nih!

Ivan Gunawan.
HER FACE  |  11 April 2017 08:40

Menurut desainer yang juga seorang presenter ini ada lima hal yang wajib dilakoni para perancang busana muda jika ingin tetap eksis sampai lama.

Reporter : Irma Suryani

Dream - Berkembangan industri fashion tanah air membuat banyaknya desainer muda bermunculan. Sebagai seorang desainer kenamaan yang sudah lama berkecimpung di dunia fesyen, Ivan Gunawan memberikan tips bagaimana bisa bertahan sampai saat ini.

Menurut desainer yang juga seorang presenter ini ada lima hal yang wajib dilakoni para perancang busana muda jika ingin tetap eksis sampai lama.

1. Fokus
Dalam hal mengerjakan apapun, kita memang harus fokus. Tidak bisa main-main terlebih sudah mengeluarkan modal yang cukup besar. Bagi Igun, desainer muda harus fokus dengan apa yang ingin dikeluarkannya.

2. Pakai Hati
Jangan meniru apa yang sudah orang lain buat. Tetapi harus fokus dengan hati dan apa yang ingin dibuat. " Jangan sontek kanan-kiri, jangan jadi followers saja. Harus jadi pioner," papar pria yang berusia 35 tahun ini.

3. Pasar
Sebelum membuat desain, sebaiknya perancang busana harus tahu terlebih dahulu siapa target pasarnya dan bagaimana jenis koleksinya, bahannya yang digunakan.

4. Jaga hubungan baik
Igun menambahkan bahwa istilah pembeli adalah raja adalah benar. Jangan sampai pembeli kecewa dengan produk yang sudah dibeli. Kalau mereka merasa puas akan terus order ulang, kalau sudah kecewa, kita sebagai penjual harus introspeksi.

5. Beramal
Siapa sangka, kewajiban beramal selalu dipatuhi oleh desainer bertubuh besar ini. Ivan mengaku selalu menyisihkan pendapatannya untuk beramal. " Insyaallah berkah usahanya," tutupnya.

Wajib Tahu! Ini Kiat Merawat Kulit Anak Agar Sehat dan Halus
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :