Sekolah Fashion Muslim Pertama di Indonesia, Apa Keunggulannya?

Her Face | Kamis, 20 Desember 2018 10:48
Sekolah Fashion Muslim Pertama di Indonesia, Apa Keunggulannya?

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Sekolah mode berbasis kaidah Islam.

Dream - Sekolah fashion muslim pertama di Indonesia, Islamic Fashion Institute (IFI), menawarkan pendidikan mode berbasis kaidah Islam.

Berlokasi di Bandung, sekolah itu didirikan oleh tiga desainer ternama Indonesia yakni Deden Siswanto, Nuniek Mawardi dan Irna Mutiara.

" Menanamkan kaidah Islam sudah menjadi rules yang harus dipatuhi siswa saat mendesain. Pada prinsipnya kami tidak menghalangi orang untuk berkreasi, namun bagaimana agar kreatifitas sejalan dengan kaidah Islam," tutur Hanni Haerani, Director IFI di Bandung, Rabu 19 Desember 2019.

Selama satu tahun, siswa akan diberi materi seperti menggambar, memilih bahan, cutting, menjahit, mix and match serta sejarah budaya.

Dalam sembilan bulan pertama, siswa akan diuji di berbagai bidang.

" Setiap tiga bulan ada ujian, yang pertama itu fashion stylist, lalu bagaimana cara membuat dan menjual koleksi. Tiga bulan berikutnya mereka harus mempersiapkan koleksi sendiri," ia memaparkan.

Tak main-main, kelulusan dinilai berdasarkan tiga aspek. Ahlak dan budi pekerti siswa akan diperhitungkan. Selanjutnya ditambah dengan bagaimana cara mereka berorganisasi dan mempersiapkan karya.

Acara kelulusan dikemas dalam bentuk perhelatan busana. Sejauh ini, IFI sudah meluluskan 35 orang siswa yang telah melebarkan sayap di pasar modest wear. Mereka berhasil membangun brand dengan ciri khas masing-masing.

 Fashion Show IFI
© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

Hal ini berkat bimbingan para mentor yang tidak berhenti setelah kelulusan siswa.

" Setelah selesai mereka masih kita bimbing jika ikut fashion show. Ada juga kelas Advance yang menuntut naik ke level internasional. Presentasi harus bisa memakai bahasa Inggris. Programnya dipadatkan selama tiga bulan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Apa Saja Keunggulannya?

Kali ini, IFI juga membuka program beasiswa. Kandidat yang terpilih akan mendapat biaya pendidikan gratis selama satu tahun penuh.

Tak harus berasal dari bidang fashion, IFI menerima setiap siswa yang ingin belajar. Syaratnya sederhana, yakni Al-Quran.

" Salah satu tesnya adalah menghafal tiga juz Al-Quran. Selebihnya, mereka harus bisa mengikuti kegiatan IFI karena akan jadi duta IFI selama satu tahun," kata Hanni.

Saat ini sudah ada tiga calon siswa yang terpilih. Ada Rifa dan Gita dari Bandung, serta Sarah dari Bukit Tinggi, Padang.

 Siswa Beasiswa IFI
© Foto: Annisa Mutiara Asharini/Dream

" Awalnya tau IFI dari socmed, terus lihat kalau mereka lagi buka program beasiswa. Akhirnya beranikan diri masukin CV dan portofolio lewat email," ujar Gita.

Selanjutnya mereka akan memasuki tahap wawancara dan memulai program belajar di awal tahun 2019.

Join Dream.co.id