Deretan Wanita Keren, Jadi Panutan Muslimah Kulit Hitam

Her Face | Minggu, 9 Mei 2021 10:18

Reporter : Dwi Ratih

Mereka pun menelurkan karya-karya yang tidak main-main.

Dream – Penyepelean terhadap muslim atau wanita berhijab sering terjadi di dunia, terlebih bagi mereka yang memiliki kulit hitam.

Namun, tak disangka adanya hal tersebut membuat para wanita berhijab bangkit dan menujukkan jati diri mereka lewat balutan hijab.

Nggak sedikit dari mereka berani menampilkan diri di depan umum, bahkan beberapa jadi panutan dan inspirasi bagi banyak orang.

Dilansir dari Vogue, terdapat beberapa wanita kulit hitam berhijab yang telah menjadi inspirasi bagi banyak wanita muslim di dunia. Mereka berani tampil dengan hebat dan memukau.

Berikut deretannya!

Deretan Wanita Keren, Jadi Panutan Muslimah Kulit Hitam
Foto: Instagram.com/aint.afraid
2 dari 5 halaman

Miss Undastood

 Miss Undastood
© Instagram.com/missundastoodnyc

Miss Undastood adalah seorang rapper muslim pertama di New York.

Di zaman milenial seperti sekarang ini, perlu menghadapi tantangan dari segala sisi, mulai dari rasis hingga sekarang ada pandemi COVID-19, Miss Undastood dapat bertahan dari segala tantangan, dan mejadikan dirinya sebagai orang hitam pertama yang menjadi rapper muslim.

Oleh karenanya, musik hip-hop Muslim nantinya akan semakin dikenal ke seluruh manca negara.

3 dari 5 halaman

Alia Sharreif

 Alia Sharrief
© Instagram.com/aliasharrief

Pembawa acara yang berbasis di California ini, menjalani hidupnya dengan sangat baik dan menjadi panutan banyak orang.

Alia, selain menjadi pembawa acara juga seorang aktivis hak asasi manusia dan guru hip-hop. Hiperseksualitas wanita dan wanita kulit hitam yang sering menjadi masalah, menjadikan Alia melakukan perjuangan demi mendapatkan hak-hak bagi para wanita tersebut, agar dihormati, dijunjung, dan tidak diperlakukan semena-mena.

Alia selalu tampil di depan umum bersama hijab indahnya dengan berani, menunjukan tidak perlu malu menjadi kulit hitam dan berhijab.

4 dari 5 halaman

Boshia Rae-Jean

 Boshia Rae-Jean
© Instagram.com/boshiaraejean

Boshia Rae-Jean seorang pemawa acara, model, dan penulis ini berbasis di New Jersey.

Jean masuk Islam pada 2015, kemudian ia membuat lagu berjudul “ Qnowledge”. Lagu ini merujuk pada perjuangan wanita Muslim yang mencari beasiswa, membela hak-hak mereka, dan berani untuk memperjuangannya.

Meski beberapa lagunya tidak menampilkan referensi Islam lainnya, namun Jean menjadi salah satu pejuang keadilan bagi kulit hitam dan wanita Muslim melalui hip-hopnya.

5 dari 5 halaman

Sakinah dan Zakiyyah Rahman

 Sakinah dan Zakiyyah Rahman
© instagram.com/aint.afraid

Wanita muslim berkulit hitam lain yang menjadi inspirasi banyak wanita di luar sana adalah kembar identik dan duo hip-hop Aint Afraid ini.

Sakinah dan Zakiyyah menggunakan nama panggung Straigth dan Wizdumb.

Musik yang mereka bawakan selalu berakar pada ingatan akan Tuhan, mendefinisikan nama-nama Tuhan dalam '99 names of Allah challenge' dan membuat ulang lagu anak seperti 'Row, Row, Row Your Boat' menjadi 'Ra, Ra, Ramadan'.

Mereka membuat lagu-lagu seperti ini dan berani tampil karena merasa setiap wanita muslim itu dapat menjalani hidup dengan baik dan perlu dihargai agamanya, sehingga orang-orang di luar sana dapat tahu dan tidak meremehkan atau melecehkan.

Laporan: Josephine Widya

Join Dream.co.id