Bawa 'Pesona Batik Warna Alam' Batik Nusantara Siap Digelar

(Foto: dream.co.id/Awalendi Ema Pajarini)
HER FACE  |  15 April 2017 17:40

Acara GBN 2017 akan diikuti sekitar 350-400 pengrajin batik dari seluruh Indonesia

Reporter : Irma Suryani

Dream - Yayasan Batik Indonesai (YBI) kembali menyelenggarakan Gelar Batik Nusantara 2017 untuk kesepuluh kalinya. Berbeda dari acara sebelumnya, event besar 2 tahunan YBI ini akan mengusung tema 'Pesona Batik Warna Alam' dengan tujuan memasyarkatkan ecofashion yang ramah lingkungan terutama pada Batik Indonesia.

" Tahun ini kita mengangkat tema batik dengan perwarana alam. Di Indonesia banyak warna alam yang bisa dibuat batik," terang Erna Giatna, Ketua Panitia GBN 2017, Rabu 12 April 2017.

Mengusung tema 'Pesona Batik Warna Alam', Erna Giatna juga menjelaskan bahwa melalui event besar ini, ia ingin memperkenalkan kepada masyarakat luas Indonesia sebuah teknik pewarnaan batik yang ramah lingkungan dengan bahan-bahan alami yang tersedia di Indonesia seperti kulit pohon mahoni, daun indigo, daun mangga, daun secang, kulit jeruk, duwet dan masih banyak lagi.

Acara GBN 2017 akan diikuti sekitar 350-400 pengrajin batik dari seluruh Indonesia yang akan memamerkan dan menjual hasil batik karyanya masing-masing. Seluruh pengrajin batik tersebut terdiri dari pengrajin batik dalam binaan BUMN, Dinas Pemerintahan dan juga pengrajin perorangan.

Selain menampilkan pameran batik dari seluruh Indonesia, berbagai acara menarik juga akan dihadirkan dalam GBN 2017 mendatang mulai dari talkshow sampai workshop membatik dengan pewarna alami sampai panggung musik hiburan.

Jultin Ginandjar Kartasasmita, Ketua umum Yayasan Batik Indonesai yang turut hadir dalam hari ini mengatakan bahwa GBN 2017 bukan hanya bertujuan untuk memasyarakatkan Batik Warna Alam melainkan juga sebagai bentuk apresiasi dari YPI terhadap Pengrajin Batik di Indonesia.

" Setiap 2 tahun sekali (Event GBN) yayasan batik juga selalu memberikan penghargaan kepada pengrajin batik yang sudah lama tekun membatik," Jelas Jultin Ginandjar Kartasasmita.

Untuk diketahui, Gelar Batik Nusantara akan diselenggarakan selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 7 sampai 11 Juni 2017 mendatang. Bertempat di Jakarta Convention Center, tepatnya di Hall Cinderawasih, Main loby, Assembly dan Plannery Hall, GBN 2017 akan mulai dibuka dari pukul 10 pagi.

(Laporan Awalendi Ema Pajarini)

Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lika-liku Perjalanan Cinta Roger Danuarta dan Cut Meyriska
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :