9 Sebutan Hijab di Belahan Dunia

Dream Choice | Jumat, 22 Oktober 2021 13:23

Reporter : Dwi Ratih

Kamu tahu nggak kalau tiap model hijab memiliki kepopulerannya masing-masing di tiap negara?

Dream - Hijab sangat berkaitan erat dengan wanita muslimah dalam kesehariannya. Digunakan di depan yang bukan mahramnya, hijab juga sebagai simbol kesopanan dan privasi wanita muslimah.

Namun di samping itu, dalam beberapa istilah hijab didefinisikan sebagai jenis kain yang menutupi segala sesuatu kecuali wajah, tangan, dan kaki.

Bagi sebagian orang, memakai jilbab adalah tentang agama dan keyakinan, sementara sebagian lainnya menganggapnya sebagai tradisi. Tergantung pada pilihan wanita apakah dia suka memakai hijab atau tidak.

Terlebih beberapa negara muslim mewajibkan para wanita muslim mengenakan hijab meski masih ada beberapa negara non-Muslim yang mengesahkan undang-undang pelarangan penggunaan hijab.

Terlepas dari semua itu, apakah Sahabat Dream tahu penyebutan hingga gaya hijab yang ramai diterapkan dari masing-masing negara?

9 Sebutan Hijab di Belahan Dunia
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 5 halaman

1. Dupatta

Dupatta digunakan para wanita di Pakistan, India, dan Bangladesh. Bahan hijab yang dibuat sangat ringan, ada jenis dupatta yang digunakan wanita dari 3 negara ini. Ada yang polos dan ada yang dibordir dengan indah.

 Ilustrasi© shutterstock

2. Chador

Chador pada dasarnya digunakan wanita Iran, Irak, dan Lebanon. Tetapi juga digunakan di banyak negara lain. Chador ini terkait dengan pengikut tradisi Syiah.

Pada dasarnya chador adalah sepotong kain panjang yang dikenal sebagai jilbab. Tapi chador benar-benar menutupi seluruh tubuh wanita.

 Ilustrasi© shutterstock

3 dari 5 halaman

3. Kerudung

 Ilustrasi© shutterstock

Kerudung adalah penutup kepala asli dari Indonesia. Memiliki pelindung kaku yang memungkinkan ruang antara dahi dan kain. Kerudung adalah gaya hijab yang sangat populer dipakai di Indonesia dan Filipina.

4. Jilbab

 Ilustrasi© shutterstock

Jilbab adalah salah satu gaya hijab populer yang dikenakan para wanita Indonesia dan Filipina. Jilbab mirip dengan Chador, menutupi wanita dari kepala sampai kaki dengan pembukaan wajahnya.

© Dream
4 dari 5 halaman

5. Turban

Turban biasanya digunakan wanita Muslim di Afrika, Sudan, Somalia, dan Ethiopia karena suhu yang meningkat dan matahari yang membakar di atas kepala mereka.

Sorban sesuai namanya diangkat dan dililitkan di kepala kecuali leher.

 Ilustrasi© shutterstock

6. Khimar

Khimar adalah salah satu hijab favorit wanita Mesir. Model hijab ini menutupi kepala, leher, bahu, sampai ke perut atau paha.

 Ilustrasi© shutterstock

5 dari 5 halaman

7. Niqaab

Hijab ini sangat populer dan terkenal. Niqab atau cadar menjadi penutup kepala resmi untuk wanita di Arab Saudi. Biasanya menutupi kepala, wajah, dan bahu. Sebuah celah dibuat di area mata untuk melihat.

 Ilustrasi© shutterstock

8. Amira

Amira adalah jilbab populer wanita Suriah. Sangat mudah dipakai, tidak perlu peniti atau bros. Amira merupakan penutup kepala dua potong yang efisien.

 Ilustrasi© shutterstock

9. Esarp

Ini adalah gaya Hijab yang sangat indah dan modis yang populer di kalangan wanita muslim Turki. Sepotong sutra dari kain persegi dengan gaya indah untuk menutupi kepala dan leher.

Wanita dari negara lain juga menyukai hijab jenis ini.

Sumber: Life in Saudi Arabia
Laporan: Syifa Putri Naomi

© Dream
Join Dream.co.id