Waspadai Jerawat Tak Kunjung Sembuh, Bisa Terjadi Kista

(Foto: Shutterstock)
BEAUTY  |  20 November 2017 09:45

Jika kamu jerawat tak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan ke dokter sebelum terjadi kista.

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Jerawat seringkali datang silih berganti menghiasi wajah. Sebagian orang menganggap hal itu sebagai masalah biasa.

Namun, apabila kamu menemukan jerawat yang tak kunjung sembuh, bisa jadi itu bukan merupakan jerawat biasa.

Dilansir dari Teenvogue, jerawat yang seperti ini merupakan salah satu bentuk kista. Kista merupakan jerawat membandel yang dapat bertahan lama di wajah.

Berbeda dengan jerawat, kista tumbuh bukan pada permukaan kulit, melainkan jauh di dalam. Bakteri akan menggumpal dan membentuk benjolan kista berisikan cairan yang tumbuh mencapai ke permukaan.

 Shutterstock

Gumpalan kista terasa lebih menyakitkan dibanding jerawat apabila dipegang. Selain itu, kista cenderung meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Penyebab utama dari jerawat ini adalah hormon tubuh yang berhubungan dengan siklus menstruasi. Hormon yang bergejolak akan memicu produksi minyak berlebih pada wajah sehingga dapat menyumbat pori-pori. Makanan manis juga dapat memperparah kondisi kista, karena gula bersifat memicu radang.

Jangan sekali-kali mencoba untuk memecahkan kista. Selain menimbulkan rasa sakit, cairan kista juga dapat menyebar ke area wajah lainnya sehingga menimbulkan kista baru.

 Shutterstock

Beberapa produk pengobatan jerawat biasa juga tidak mampu untuk menjinakkan kista. Pasalnya, produk tersebut tidak mampu membasmi jerawat yang berada di dalam lapisan kulit.

Pilihlah produk khusus untuk jerawat jenis kista. Produk tersebut sudah didesain khusus untuk meresap ke dalam kulit untuk membasmi kista. Terapi seperti sinar Blue LED juga dapat mengurangi pertumbuhan kista karena mampu membasmi jerawat di dalam kulit.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

 

Millen Cyrus Tersandung Narkoba (Lagi)
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
MUI Minta Pemerintah Cabut Perpres Investasi Miras
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :