Tips Memilih Lipstik Aman Gak Bikin Bibir Alergi

Foto: Shutterstock
BEAUTY  |  25 Januari 2020 10:21

Beberapa orang memiliki kulit bibir yang sensitif.

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Dream - Bagi pemilik kulit sensitif, memilih produk kecantikan bisa menjadi hal yang cukup sulit. Terutama untuk produk kecantikan bibir.

Bibir merupakan salah satu organ tubuh dengan kulit paling tipis. Salah memilih produk, bibir dapat mengalami reaksi alergi yang sangat mengganggu.

" Lipstik biasanya membuat bibir jadi menghitam karena pasti terjadi reaksi kimia. Pada kasus parah dengan zat kimia berbahya bisa menyebabkan bibir gatal, iritasi dan gosong. Misalnya merkuri dan bahan iritan lainnya," kata dr. Maharani Prima, Dipl.AAAM.,CIBTAC, dokter estetika medik MP Skin Care di peluncuran Mahana Lip Cream, Jakarta, Kamis pekan lalu.

 Mahana

Agar tidak salah pilih, perhatikan ciri-ciri lipstik sebelum membeli. Lipstik yang mengandung zat kimia berbahaya punya aroma yang sangat tajam ketika dicium. " Kayak ada aroma sabun atau zat kimia. Walau ditutupi dengan aroma parfum, pasti akan tetap tercium," tegasnya.

Segera hapus lipstik dari bibir ketika muncul reaksi tak wajar seperti bibir panas, gatal atau membengkak. Cuci sampai noda lipstiknya hilang.

Dr. Maharani menjelaskan, reaksi ini tidak selalu terjadi pada setiap orang, " Reaksinya tergantung dari bakat kulit, kuat atau tidaknya terhadap alergi."

 Mahana

Kompres dengan es batu untuk meredakan rasa nyeri. Jika tak kunjung membaik, Sahabat Dream harus segera pergi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Obat biasanya diberikan dalam bentuk oral dan salep yang dioleskan pada area sekitar bibir.

Eksklusif! Anwar Fuady: Hati Senang, Penyakit Kabur
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :