Kulit Berminyak Jerawatan? Atasi Dengan 'Resep' Rumahan Ini

Ilustrasi: Shutterstock
BEAUTY  |  30 Juli 2018 17:21

Jika tidak dirawat dengan benar, jerawat akan sulit hilang dan berubah menjadi bintik-bintik gelap. Selain itu jerawat yang sulit hilang akan meninggalkan bekas permanen pada kulit.

Reporter : Sugiono

Dream - Memiliki kulit berminyak bisa mengundang masalah kulit seperti komedo, whiteheads, dan terutama jerawat.

Seseorang dikatakan memiliki kulit berminyak ketika kelenjar minyak di bawah permukaan kulit memproduksi minyak secara berlebihan yang disebut dengan sebum.

Jika diproduksi secara berlebihan, sebum ini bisa menyumbat pori-pori. Ketika sebum terinfeksi dan bercampur dengan kotoran akan menjadi jerawat.

Jerawat ini bisa muncul di mana saja di bagian wajah, terutama di dahi, pipi, dagu dan bahkan hidung.

Jika tidak dirawat dengan benar, jerawat akan sulit hilang dan berubah menjadi bintik-bintik gelap.

Selain itu jerawat yang sulit hilang akan meninggalkan bekas permanen pada kulit.

Sebagai orang yang menjaga penampilan, kita tentu tidak mau mengalami semua itu.

Melansir Boldsky.com, Dream telah mengumpulkan beberapa 'resep' dari bahan-bahan dapur untuk mengatasi jerawat pada jenis kulit berminyak.

Jeruk Lemon

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk lemon membantu dalam mengobati jerawat untuk wajah berminyak. Selain mengobati jerawat, jeruk lemon juga membantu dalam mencerahkan warna kulit

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok makan air perasan jeruk lemon dan kapas. Cara mengobati jerawat adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam air perasan jus lemon. Setelah itu mengoleskannya pada area yang terkena atau seluruh wajah sebelum tidur.

Biarkan semalam dan bilas dengan air hangat keesokan paginya. Anda dapat menggunakan obat ini secara teratur sampai melihat perbedaannya.

 4 Langkah Memencet Jerawat yang Benar Agar Tidak Membekas

Tepung Gram dan Bubuk Masker Curd

Tepung gram membantu dalam mengontrol produksi minyak pada kulit, sedangkan masker curd mengandung asam laktat yang membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan memperbaiki warna kulit.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok makan tepung gram, 1-2 sendok makan masker curd, 1 sendok teh madu, dan sejumput kunyit.

Cara membuat dan memakainya adalah masukkan tepung gram dan bubuk masker curd ke dalam wadah. Kocok hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan madu dan kunyit. Kemudian aduk lagi hingga menjadi masker dan pastikan tidak ada gumpalan.

Pakailah masker tersebut secara merata pada wajah. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa setelahnya. Ulangi cara ini sekali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baking Soda

Soda kue atau baking soda dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran berlebih sehingga kulit menjadi lebih sehat dan lentur. Ketika dicampur dengan air perasan jeruk lemon, akan bekerja efektif dalam mengobati jerawat.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok teh baking soda dan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Cara memakainya adalah masukkan baking soda ke dalam wadah dan tambahkan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Setelah diaduk sampai merata, oleskan pada area yang terkena jerawat dan biarkan selama 10-15 menit.

Setelah itu bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk hingga kering. Ulangi cara ini dua kali setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

 Bekas jerawat bisa timbul karena kebiasaan memencet jerawat yang salah

Madu dan Kayu Manis

Madu dianggap sebagai agen penyembuhan karena memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, madu juga membantu dalam menghidrasi kulit sehingga kulit terlihat tidak terlalu berminyak. Sedangkan kayu manis membantu menyembuhkan segala jenis infeksi atau alergi pada kulit.

Bahan yang dibutuhkan adalah 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Cara membuatnya adalah campurkan madu dan bubuk kayu manis hingga merata. Setelah itu oleskan pada wajah atau area yang terkena jerawat. Lakukan ini sebelum tidur dan biarkan hingga keesokan paginya.

Setelah bangun pagi, bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk hingga kering. Ulangi cara ini setiap hari sebelum tidur malam sampai melihat perbedaannya.

Itulah beberapa 'resep' untuk membasmi jerawat pada kulit berminyak menggunakan bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat.

(Sumber: Boldsky.com)

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Desain Baju Muslim Anak Ria Miranda x Nussa Official
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :