Komedo Bikin Wajah Kusam? Singkirkan dengan 6 Langkah Mudah

(Foto: Shutterstock)
BEAUTY  |  5 Februari 2018 19:05

Komedo tanpa disadari menjadi penyebab wajah terlihat kusam, kelelahan dan jadi tidak bersinar.

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Merasa terganggu gara-gara komedo yang muncul di atas hidung? Bintik-bintik ini biasanya mucul, saat pori-pori wajah tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati.

Selain faktor di atas, komedo biasanya juga disebabkan oleh stres, tidur tanpa menghapus riasan, perubahan hormonal, polusi hingga rokok.

Setipa orang memiliki jutaan folikel rambut di tubuh dan wajah. Masing-masing dari jutaan folikel tersebut mengandung satu rambut dan kelenjar sebaceous, yang membantu menghasilkan minyak sebum. Serta menjaga kulit tetap lembut.

Sedangkan komedo, terjadi karena sel kulit mati masuk ke dalam folikel, bercampur dengan minyak sebum. Lalu, membentuk steker yang mendorong ke permukaan kulit dan membentuk benjolan.

Terkadang, kulit di sekitar benjolan terbuka dan udara melewatinya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan minyak sebum mengoksidasi dan berubah warna menjadi kehitaman.

Untuk menyingkirkan bintik kehitaman yang menganggu itu, dapat diatasi dengan beberapa langkah simpel yang dilansir dari Boldsky berikut ini.

Baking soda, lemon juice dan susu mentah

 Boldsky

Baking soda tidak mengandung bahan kimia keras, sehingga aman digunakan untuk membersihkan poi-pori. Juga, dapat mencegah pembentukan komedo. Baking soda bertindak sebagai pembersih alami yang mentralisir kadar pH kulit.

Selain itu, dapat mengikis sel kulit mati dan sifat anti-inflimasinya membantu menenangkan kulit.

Sedangkan lemon adalah zat alami, yang berarti membantu mengatur produksi minyak, membersihkan pori-pori kulit, mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan komedo. Perasan lemon dapat menecilkan pori-pori dan membantu kulit menjaga kesegaran wajah.

Berbeda dengan manfaat susu mentah yang sarat dengan vitamin B, asam alfa-hidroksi, kalsium dan antioksidan lainnya yang menutrisi kulit. Susu mentah adalah pembersih alami.

Semuanya membantu menghilangkan semua kotoran dan kelebihan minyak dari pori-pori. Tak ketinggalan, dapat mencegah timbulnya komedo.

Putih Telor dan Madu

 Boldsky

Putih telor mengandung lisozim, zat yang membantu mengecilkan pori-pori besar pada kulit, serta mengurangi akumulasi minyak berlebih pada permukaan kulit.

Proteiin hadir dalam serum putih menyerap sebum dari kulit dan mencegah komedo. Putih telur juga mengandung vitamin dan asam amino, yang membanu meregenerasi sel kulit.

Gula dan Putih Telur

 Boldsky

Gula berfungsi sebagai exfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Gula mengandung asam glikolat, yang membantu menjaga kesimbangan minyak di kulit, dan mencegah produksi sebum berlebih.

Garam dan Lemon

 Boldsky

Garam mengandung sifat antibakteri alami yang membantu mengelupas sel kulit mati. Butiran halus garam membuatnya menjadi agen pengelupasan yang menakjubkan. Membantu menghilangkan kotorn dan komedo.

Teh Hijau

 Boldsky

Teh hijau mengandung vitamin dan antioksidan yang membantu mengendalikan produksi minyak berlebih dari kulit. Serta bermanfaat menghilangkan komedo.

Tomat, Oatmeal dan Madu

 Boldsky

Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C dan asam sitrat yang membantu menghilangkan komedo. Tomat dapat digunakan untuk mengatasi komedo. Bisa juga dicampur dengan bahan lain seperti alpukat, oatmeal, jus lemon dan madu.

 

Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 2
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Silaturahome (Silaturahmi From Home) Day 2
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :