Kenali Jenis Jerawat dan Cara Memilih Makeup yang Tepat

Beauty | Jumat, 23 Februari 2018 14:02
Kenali Jenis Jerawat dan Cara Memilih Makeup yang Tepat
(Foto: Shutterstock)

Reporter : Ratih Wulan

Jerawat bernanah membutuhkan makeup yang berbeda dengan jerawat kering.

Dream - Jerawat merupakan masalah wajah yang kerap membuat pusing. Bintik-bintik ini bisa sangat mengganggu apabila muncul di saat penting.

Apalagi saat disertai bengkak kemerahahan, maka akan membuat wajah terlihat kotor disertai rasa nyeri. Namun, saat kalian bisa mencoba memanfaatkan makeup menjadi untuk menutupinya.

Tapi ingat, pemakaiannya tidak boleh asal! Sebab, pengaplikasian riasan yang sembarangan bisa memperparah kondisi jerawat. Makeup yang salah juga bisa membuat wajahmu terlihat tidak segar.

Agar bisa mengatasinya, diperlukan metode yang berbeda untuk setiap kasus jerawat. Dilansir dari Allure, kenali dulu jenis jerawat yang menyerangmu, lalu atasi dengan metode yang tepat seperti di bawah ini.

1. Whitehead

 ambrossimo.com
© dream.co.id

Jerawat jenis ini biasanya memiliki bentuk putih dengan ukuran kecil. Kamu hanya perlu concealer untuk menutupinya. Pilih concealer dengan jenis agak kental. Tutupi hanya pada bagian jerawat, lalu tepuk-tepuk dengan lembut agar jerawat tidak terlihat menonjol.

2. Jerawat Kering

 Shutterstock
© dream.co.id

Ketika kering, kulit di sekitar jerawat cenderung mengelupas.
Untuk mengatasinya, kamu memerlukan moisturizer dengan formula bebas minyak. Kamu juga bisa menggunakan spray mist dengan formula hydrating sebelum memakai makeup.

3. Jerawat Berminyak

 Shutterstock
© dream.co.id

Kadar minyak setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kulitnya. Apabila jerawat disertai dengan minyak yang cukup banyak, kamu harus menghindari kosmetik dengan bahan baku minyak.

Gunakan foundation, concealer dan moisturizer bebas minyak. Sebelum memakai makeup, kamu bisa memakai kertas penyerap terlebih dahulu. Setelah itu, brush harus langsung dibersihkan agar tidka kotor.

4. Jerawat Merah

 Shutterstock
© dream.co.id

Ketika jerawat sedang meradang, kamu akan membutuhkan concealer berwarna hijau dan kuning. Hindari pemakaian bedak yang terlalu banyak untuk membuat kulit terlihat cakey.

5. Noda Bekas Jerawat

 Shutterstock
© dream.co.id

Ketika mengempis, jerawat biasanya meninggalkan noda kecoklatan. Tentunya hal ini sangat mengganggu. Untuk menyamarkannya, kamu bisa memilih foundation dengan formula yang full-coverage.

Selamat mencoba!

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Join Dream.co.id