Jerawat Tak Kunjung Sembuh? Mungkin Ini Penyebabnya

Beauty | Rabu, 11 Desember 2019 14:14

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Jerawat yang membandel tentu membuat kamu frustasi. Titik demi titik jerawat terus berdatangan meski sudah diobati.

Dream - Jerawat masih menjadi masalah paling umum di dunia kecantikan. Bahkan di Indonesia terdapat 2 juta kasus per tahun dan menjadi keluhan terbanyak di setiap klinik kecantikan di samping kulit kusam.

Dibutuhkan upaya ekstra untuk mengatasi jerawat. Bukan hanya di masa pubertas, jerawat juga bisa menyerang kembali di usia dewasa. Jerawat yang membandel tentu membuat kamu frustasi. Titik demi titik jerawat terus berdatangan meski sudah diobati.

 Jerawatan© shutterstock.com

Perlu kamu ketahui, ada banyak hal penyebab jerawat mulai dari faktor internal maupun eksternal. Mengatasi jerawat akan lebih sulit tanpa mencari tahu penyebabnya.

Sahabat Dream yang mengalami masalah jerawat tak kunjung sembuh bisa cek penyebabnya di bawah ini:

Jerawat Tak Kunjung Sembuh? Mungkin Ini Penyebabnya
2 dari 4 halaman

Usia

Tipe jerawat memang tidak dibagi ke dalam usia maupun jenis kelamin, namun salah penyebab jerawat bisa terjadi karena faktor usia.

" Kalau remaja sering jerawatan itu memang karena faktor hormon. Tapi kalau muncul di saat dewasa dan cukup parah, berarti dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan stres. Misalnya setelah memasuki dunia kerja," kata dr. Purnama Sari, Beauty Expert ERHA di peluncuran ERHA Skin & Hair Series, Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.

3 dari 4 halaman

Produk Kosmetik

Beberapa skincare dan makeup memiliki formula oil based. Kandungan minyak memang ampuh untuk menjaga kelembapan, namun jika menyumbat pori-pori minyak tersebut dapat memicu jerawat.

" Untuk kulit acne prone lebih baik pakai produk yang gel based atau water based karena lebih ringan," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Sampo

Tak disangka, barang sehari-hari yang kita pakai bisa memicu potensi jerawat lho. Sampo mengandung zat yang dapat mengiritasi kulit dan menyumbat pori-pori kulit wajah.

" Saat keramas, sebisa mungkin jangan sampai terkena wajah. Pilih sampo yang lembut dengan pH sesuai kulit dan non alkohol," kata dr. Sari.

Terkait
Join Dream.co.id