Ingin Jerawat Sembuh? Sebaiknya Hindari 4 Makanan Ini!

(Foto: Shutterstock)
BEAUTY  |  15 November 2017 09:30

Selain menghindari empat makanan di bawah ini, ada satu hal yang wajib kamu lakukan!

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Bagi sebagain orang, pasti pernah pusing mengatasi jerawat. Bintik-bintik merah pada wajah kerap menimbulkan rasa sakit hingga mengganggu penampilan.

Bukan hanya remaja, namun orang dewasa pun kerap dihantui oleh permasalahan kulit yang satu ini. Jerawat kadang-kadang juga menghinggapi orang dewasa.

Tidak peduli berapapun usiamu, jerawat tetap akan muncul apabila pori-pori wajah tersumbat dengan kotoran. Dilansir dari Prevention, ada beberapa tips yang bisa membantu mengatasi jerawat dengan mudah.

1. Kurangi Karbohidrat

 Prevention

Sebuah studi yang dilakukan di Australia pada tahun 2007, menunjukan bahwa orang yang mengikuti Low-Glycemic Index (GI) diet mampu menurunkan resiko timbulnya jerawat di usia dewasa sebanyak 22 persen. Kadar insulin di dalam karbohidrat dapat memicu lepasnya hormon yang menyebabkan pembengkakan folikel serta meningkatnya produksi minyak wajah.

2. Kurangi Produk Susu

 Prevention

Studi di Universitas Harvard pada tahun 2006 menunjukan bahwa wanita yang minum dua atau lebih gelas susu perhari memiliki resiko timbulnya jerawat sebanyak 20 persen. Gantilah konsumsi susu dengan menggunakan produk susu non-diary. Selain itu, pastikan susu memiliki kandungan gula di bawah 10 gram.

3. Pil KB

 Prevention

Kontrasepsi oral dapat membantu menormalkan lonjakan hormonal dan mengatur siklus bulanan, sehingga kelenjar minyak tidak berlebihan. Dokter mungkin merespkan satu dari 4 pil KB seperti Yaz, Beyaz, Estrostep dan Ortho Tri Cyclen yang disetujui FDA untuk mengobati jerawat. Pasien yang memkai kontrasepsi oral harus mengadari risiko potensial termasuk pembekuan darah.

4. Kurangi Garam

 Prevention

Kadar iodine dalam garam dapat memicu jerawat menjadi semakin parah. Untuk itu, kurangi konsumsi garam setiap harinya. Idealnya, garam hanya boleh dikonsumsi sebanyak satu sendok teh per hari.

5. Kelola Stress

 Prevention

Stress tidak menciptakan penyakit kulit secara langsung, namun dapat memperparah keadaan yang sudah terjadi. Wanita dengan tingkat kecemasan tinggi dapat memicu timbulnya hormon yang tidak stabil. Sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan jerawat dan minyak wajah. Lakukan aktivitas yang bersifat relaksasi seperti meditasi untuk menenangkan saraf tubuh.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

 

Summer Style 2019
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Jawab Isu Pernikahan, Ini Kabar Terbaru Juwita Bahar
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :