Do and Don'ts Merias Mata Sipit Biar Nggak Terlihat Berat

(Foto: Shutterstock)
BEAUTY  |  8 Maret 2018 12:02

Kebanyakan wanita Asia memiliki mata kecil, tanpa kelopak yang kadang-kadang membuat kesulitan dirias.

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Terlahir sebagai wanita Asia, membuat sebagian orang merasa tak percaya diri dengan wajahnya. Terutama bagian mata yang khas dengan monolids, tanpa liptan kelopak mata.

Selain mata yang sipit, sebagian dari mereka juga mengeluhkan hooded lips. Memiliki kelopak mata ganda, namun akan langsung terlipat saat membuka mata.

Pemilik mata seperti ini, membutuhkan keterampilan khusus untuk meriasnya menjadi lebih hidup. Mereka tak bisa sembarangan mengikuti makeup tutorial, karena tak memiliki kelopak lebar yang bebas diulas eyeshadow. Riasan smokey eyes, tidak akan bekerja sama sekali untuk tipe mata seperti ini.

Namun, kalian tak perlu panik karena ada beberapa cara untuk menyiasatinya. Dilansir dari Popsugar, berikut bebrapa triks yang bisa kalian coba!

Primer

 Popsugar

Sebelum mengenakan eyeshadow, sebaiknya kenakan primer untuk menjaga riasan tetap awet. Primer bisa mencegah minyak berlebih pada kelopak mata. Saat ingin membuat wing liner, tinggal bubuhkan primer pada kulit di sekitar mata untuk membuat bayangan dan mencegah penumpukan minyak.

Namun, jika kamu ingin mencoba riasan mata sederhana tak ada salahnya menambahkan primer ke kelopak mata. Cara ini mencegah noda maskara menempel di kelopak mata.

Eyeliner

 Shutterstock

Bentuk kelopak mata sempit biasanya cenderung berminyak, serta berpotensi membuat warna eyeliner menjadi luntur. Untuk mencegah hal itu, kalian bisa membubuhkan kuas eyeliner ke dalam eyeshadow yang berwarna sama. Langsung sapukan pada garis kelopak mata, sebelum cairannya mengering.

Inner Corner

 Shutterstock

Kebanyakan wanita Asia memiliki sudut dalam mata yang unik. Membuat bentuk wajah terlihat lebih rata secara keseluruhan, sehingga membuat kulit di sudut luar tampak membulat tanpa sudut V. Para beauty influencer biasanya menyarankan untuk mengenakan highlightter di bagian sisi V.

Tapi cara itu tidak akan berlaku bagi pemilik monolid dan hooded eye. Sebagai gantinya, kalian bisa bereksperimen dengan memusatkan pemakaian highlighter ke beberapa titik. Misalnya bagian bawah bulu mata, atau lebih tepatnya di sebelah batang hidung.

Smokey Eyes

 Instagram @iamroellek

Banyak tutorial makeup menyarankan untuk mengaplikasikan eye shadow dari warna yang paling ringan, hingga paling gelap ke arah luar mata. Kemudian membaurkan eyeshadow gelap, ke seluruh lipatan kelopak mata. Namun cara ini sangat dilarang bagi pemiliki monolid. Pasalnya, akan membuat salah satu bagian mata terlihat berat, tidak seimbang dan messy.

Sebagai solusi, bubuhkan eyeshadow paling gelap hingga garis terjauh mata. Sedangkan warna paling ringan, sampai ke tulang alis. Cara ini akan membentuk bayangan alami di matamu, dan menciptakan kesan mata lebih terbuka.

Garis mata

 Shutterstock

Mengaplikasikan eye pencil ke bagian waterline, sebenarnya malah membuat mata terlihat lebih kecil. Sebagai gantinya, pulsakan eye pencil melapisi garis bulu mata. Gunakan eyeliner berwarna lembut atau eyeshadow gelap. Baurkan perlahan dan tipis di bagian bawah, diantara bulu mata bagian bawah. Cara ini akan menciptakan ilusi lebih besar.

Happy trying Sahabat Hijabers!

Perjuangan Ria Irawan, Pantang Menyerah Lawan Kanker
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Cara Eriska Rein Edukasi Tontonan untuk Anak
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :