Cara Tepat Gunakan Minyak Zaitun pada Rambut

Beauty | Minggu, 12 September 2021 10:11

Reporter :

Para hijabers harus lebih ekstra memerhatikan kesehatan rambut, nih!

Dream - Dihasilkan dari buah zaitun yang diperas dan diambil minyaknya, minyak zaitun terkenal keampuhannya di dunia kecantikan sejak zaman nenek moyang karena memiliki segudang nutrisi.

Terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan lemak tak jenuh, membuat minyak zaitun bagus untuk kesehatan maupun kecantikan. Tidak hanya itu, di dalam minyak zaitun juga terdapat kandungan sterol, karotenoid dan alkohol triterpen.

Dengan adanya kandungan-kandungan tadi, membuat minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, pelindung kulit, perbaikan kulit, dan juga antioksidan yang memaksimalkan manfaat kesehatan dan kecantikan, lho, Sahabat Dream!

Salah satu fungsi dari minyak zaitun yang sering diandalkan banyak orang adalah sebagai pelembap alami.

Cara Tepat Gunakan Minyak Zaitun pada Rambut
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Minyak Zaitun untuk Rambut

Selain dapat digunakan untuk kulit, minyak zaitun juga banyak dimanfaatkan untuk rambut. Dengan menggunakan minyak zaitun di rambut, kamu bisa memiliki rambut yang lebih sehat, lembap, bersinar dan kuat.

Minyak zaitun yang memiliki kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene, kandungan-kandungan tadi bekerja untuk membantu melembutkan rambut. Tentu, sudah banyak produk perawatan rambut yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan bakunya.

Bagi kamu yang memiliki rambut kering, sangat pas untuk memanfaatkan minyak zaitun untuk merawat rambutmu sehingga kelembapan rambut terjaga.

Minyak zaitun juga dapat membantu kamu mengatasi permasalahan lainnya seputar rambut. Di antaranya, rambut bercabang ketombe, kutu rambut, dan kamu yang memiliki rambut berwarna.

Apalagi buat kamu para hijaber yang harus ekstra memerhatikan kesehatan rambut agar tidak cepat rusak karena selalu tertutup balutan hijab.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakannya

Jika Sahabat Dream tertarik mendapatkan manfaat dari minyak zaitun untuk rambut kamu bisa mulai menggunakannya dari sekarang.

Berikut sederet cara menggunakan minyak zaitun yang tepat berhasil Redaksi Dream rangkum dari Healthline:

Takaran

Sebenarnya takaran untuk menggunakan minyak zaitun untuk rambutmu bisa disesuaikan dengan kondisi rambut yang kamu miliki.

Bagi Sahabat Dream yang baru pertama kali menggunakannya, kamu bisa memulai dengan menggunakan dua sendok makan minyak zaitun dan diaplikasikan ke seluruh rambut, lalu tambahkan jika kamu masih merasa kurang.

4 dari 4 halaman

Pijat

Untuk memastikan minyak zaitun terserap maksimal ke rambut, kamu bisa melakukan pijatan lembut saat mengaplikasikan minyak zaitun.

Kulit kepala kering juga bisa kamu atasi dengan mengaplikasikan minyak zaitun. Kamu bisa membiarkan minyak zaitun terserap pada kulit kepala yang sudah kamu tutup dengan shower cap, selama 15 menit sebelum kamu keramas.

Bersihkan

Setelah menggunakan minyak zaitun di kulit kepala dan juga rambut, sangat penting untuk kamu membersihkannya hingga bersih.

Join Dream.co.id