Cara Mencegah Bau Apek Pada Rambut Berhijab

Beauty | Selasa, 2 Juli 2019 13:13
Cara Mencegah Bau Apek Pada Rambut Berhijab

Reporter : Annisa Mutiara Asharini

Bau apek bikin penampilan jadi zonk!

Dream - Banyak tantangan yang harus dilalui oleh wanita berhijab. Masalah rambut menjadi salah satu yang paling menyulitkan.

Ketombe dan rambut rontok pasti sudah tidak lagi asing. Hijabers kerap mengalami keduanya. Selain itu, masalah lain yang juga cukup menganggu adalah bau rambut tidak sedap.

Kondisi rambut yang tertutup selama memakai hijab membuat kulit kepala mudah berkeringat. Hal ini dapat memicu timbulnya aroma tak sedap yang bisa menembus ke luar hijab.

Rambut yang bau apek bisa sangat merusak penampilan. Gaya modis akan sia-sia jika rambut terasa tidak segar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini cara mencegah bau apek pada rambut berhijab:

2 dari 5 halaman

Rambut Kering

Jangan pernah mengenakan hijab dalam keadaan rambut basah usai keramas. Selalu pakai hijab saat rambut sudah kering sepenuhnya.

Rambut lembap yang ditutupi dengan hijab akan mengeluarkan bau apek yang tentunya bikin penampilan jadi minus. Selain itu, kulit kepala juga dapat terasa gatal dan memicu timbulnya ketombe.

3 dari 5 halaman

Bahan Hijab

Hijab tak lagi monoton dengan model yang itu-itu saja. Sudah banyak pilihan hijab dari berbagai macam bahan.

 Ilustrasi hijab dipadu busana jins
© Ilustrasi hijab dipadu busana jins (Foto: Shutterstock)

Agar tidak menimbulkan bau tak sedap, hindari bahan tebal seperti organza, satin dan sifon. Katun menjadi pilihan paling aman agar keringat bisa terserap dengan baik.

4 dari 5 halaman

Warna Hijab

Seperti yang kita tahu, warna gelap akan lebih mudah menyerap sinar matahari. Hal ini tentu saja akan membuat kepala terasa cepat panas. 

 Agar Wajah Tidak Kusam Saat Memakai Hijab
© MEN

Gunakan hijab berwarna lembut agar kulit kepala tidak mudah berkeringat.

5 dari 5 halaman

Mencuci Rambut

Jangan malas keramas. Dengan mencuci rambut secara rutin, kamu dapat membersihkan debu dan kotoran di helai rambut serta minyak pada kulit kepala. Setidaknya cucilah rambut selama dua hari sekali.

 Keramas Tiap Hari Sangat Bahaya, Ini Akibatnya
© MEN

Gunakan tipe sampo sesuai dengan karakteristik rambut. Setelah keramas, oleskan dengan vitamin atau semprot dengan hair serum untuk memberi aroma segar.

Join Dream.co.id