Cara Memilih dan Melakukan Scrub yang Aman untuk Wajah

Beauty | Kamis, 12 April 2018 09:22
Cara Memilih dan Melakukan Scrub yang Aman untuk Wajah
(Foto: Shutterstock)

Reporter : Ratih Wulan

Melakukan scrub secara kasar dapat membahayakan wajah, salah satunya membuat kepekaan kulit hilang.

Dream - Kulit kusam membutuhkan eksfoliasi untuk menghasilkan sel-sel kulit baru. Proses pengelupasan ini terjadi dari lapisan terendah epidermis ke lapisan atas, kemudian berlanjut pada pelepasan kulit mati.

Secara alami, kulit akan beregenerasi setiap 28 hari sekali. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan regenasi kulit tidak lagi sempurna dan tidak bisa merata dalam melepaskan kulit mati.

Untuk itu dianjurkan untuk melakukan scrub wajah, agar kulit dapat bebas bernapas. Sekaligus, membunuh bakteri yang terperangkap di bawah pori-pori tersumbat.

 Shutterstock
© dream.co.id

Dilansir dari Stylescaster, ternyata masih banyak orang melakukan kesalahan dalam melakukan eksfoliasi. Banyak yang melakukannya secara manual dengan gerakan kasar ke kulit.

Menggosok dengan kasar hanya akan menyebabkan lebih banyak peradangan. Jika fungsi penghalang rusak, maka kulit menjadi rentan terhadap infeksi dari mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur. Selain itu, dapat menyebabkan kepekaan serta iritasi.

 Shutterstock
© dream.co.id

Melakukan Facial Oxylight atau SkinCeuticals Skin Peel baik untuk kulit. Secara umum, chemical exfoliants dengan krim, gel dan cairan adalah pilihan terbaik untuk membersihkan kotoran.

Sementara physical exfoliants seperti Clarisonic, bertindak sebagai penyangga dengan melepas sel kulit mati saat bersentuhan.

Perlu diingat bahwa ini harus dilakukan dengan benar dan jangan dilakukan terlalu sering. Bagi pemilik kulit sensitif harus menggunakan chemical exfoliants, dibantu sikat atau kain lap bersamaan dengan pembersih normal.

 Shutterstock
© dream.co.id

Sebaliknya bagi pemilik kulit yang mudah berjerawat, tidak boleh dilakukan. Sebab, akan memicu penumpukan bakteri yang menyebabkan jerawat memburuk.

Pada saat memutuskan untuk menggunakan chemical exfoliants, carilah pembersih lembut yang cukup aman digunakan setiap hari.

 Shutterstock
© dream.co.id

Jika takut berpotensi iritasi, mulailah dengan sesuatu yang lebih lembut, seperti cleansing oil. Untuk menghapus semua makeup dan bakteri gunakan pembersih seperti SkinCeuticals LHA Cleansing Gel atau Biologique Recherche P50 Lotion.

(Laporan: Ferra Ferdiana)

Terkait
Join Dream.co.id