Rahasia Rambut Tetap Lembap dan Sehat Selama Pakai Kerudung

Beauty | Rabu, 20 Oktober 2021 13:29

Reporter :

Hijabers, kesehatan rambut juga harus diperhatikan, lho!

Dream - Rambut merupakan mahkota perempuan, tentu ini menjadikan kita harus pandai merawatnya. Jika tidak dirawat dengan tepat, rambut yang kita miliki bisa mudah rusak dan tidak sehat. 

Walau terbungkus hijab, namun para hijabebrs harus tetap merawat rambut dengan baik. Salah satu permasalahan yang sering dialami banyak hijabers adalah rambut yang kering. 

Tapi apakah kamu tahu bahwa penyebab rambut kering di antaranya adalah faktor genetik, pola hidup, hingga perawatan rambut?

Satu hal yang nggak bisa dilewatkan dalam merawat rambut adalah kulit kepala, sebab hal itu sangat memberikan pengaruh besar pada pertumbuhan rambut.

Rahasia Rambut Tetap Lembap dan Sehat Selama Pakai Kerudung
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

Merawat rambut agar lembap

Menjaga kelembapan rambut sama pentingnya ketika kita menjaga kelembapan kulit wajah. Jika terlalu lembap rambut dapat terlihat berminyak dan tidak sehat, namun jika kurang terhidrasi rambut akan terlihat kusam.

Untuk itu, berikut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk merawat kelembapan rambut, khususnya bagi kamu yang menggunakan kerudung:

Menggunakan Pembersih Rambut yang Lembut 

Salah satu penyebab rambut kering adalah menggunakan sampo dengan kandungan sulfat yang tinggi. Untuk itu, kamu dapat memilih sampo yang kandungan sulfatnya rendah jika ingin rambut bersih dan tetap lembap.

Salah Membersihkan Rambut 

Saat keramas, banyak orang yang berpikir sampo digunakan berfokus untuk rambut, padahal itu sebenarnya kamu harus berfokus pada kulit kepala.

Sedangkan, ada banyak orang yang berpikir untuk menggunakan conditioner sampai ke kulit kepala. 

Cara yang benar adalah sampo digunakan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, cobalah untuk fokus pada kulit kepala. Sebaliknya, conditioner berfungsi untuk mengembalikan kelembapan rambut, jadi aplikasikan pada batang rambut, jangan sampai terkena kulit kepala jika tidak ingin pori-pori tersumbat. 

3 dari 3 halaman

3 hal penting lainnya

Pola Makan

Memiliki pola makan yang seimbang dengan nutrisi yang tepat, dapat membentuk kamu mempercepat pertumbuhan rambut, khususnya bagi kamu yang mengalami rambut rontok.

Makanan yang bagus untuk rambut adalah omega-3, omega-6, omega-9, probiotik, antioksidan, dan vitamin A. 

Masker Rambut 

Menggunakan masker untuk rambut dapat memberikan kelembapan ekstra untuk rambutmu. Kamu dapat menggunakan masker rambut 1-2 kali dalam satu minggu yang sesuai dengan permasalahan rambut yang kamu miliki.

Menggunakan Minyak Sebelum Keramas 

Saat keramas minyak alami dari rambut kamu akan terangkat, oleh sebab itu kamu dapat menambahkan minyak alami sebelum keramas.

Beberapa minyak yang dapat kamu gunakan sebelum keramas diantaranya, minyak kelapa, minyak alpukat, minyak zaitun. Dengan pakai minyak sebelum keramas, kamu juga dapat menutrisi rambut dan membuatnya lebih sehat.

Sumber: timesofindia.com 

Join Dream.co.id