Bukan Jerawat, Waspadai Herpes yang Tumbuh di Sekitar Bibir

Beauty | Rabu, 28 Februari 2018 19:02
Bukan Jerawat, Waspadai Herpes yang Tumbuh di Sekitar Bibir
(Foto: Shutterstock)

Reporter : Ratih Wulan

Jerawat disinyalir tidak akan pernah bisa tumbuh di sekitar bibir karena.....

Dream - Pernah mendapati jerawat yang tumbuh di sekitar mulut? Jangan sepelekan karena bisa jadi itu bukanlah jerawat, melainkan herpes.

Herpes labialis atau yang biasa dijuluki cold sores itu memang memiliki bentuk menyerupai jerawat. Keduanya hanya bisa dibedakan lewat gejala yang muncul.

Jika kamu merasakan adanya sensasi panas, pedih dan gatal sebelum muncul bejolan, gejala tersebut merupakan herpes.

 Shutterstock
© dream.co.id

" Penyakit kulit ini disebabkan oleh herpes simplex virus dan memiliki rasa sakit yang cukup mengganggu," ujar Sejal Shah, seorang pakar dermatologist asal New York seperti dilansir dari Allure.

Virus tersebut meluncur ke saraf hingga mencapai sel kulit. Herpes jenis ini biasa menyerang bagian mulut. Herpes dapat berubah menjadi pembengkakan hingga demam berminggu-minggu.

 Shutterstock
© dream.co.id

Sedangkan jerawat, biasanya memiliki umur yang lebih pendek dan jarang muncul di tepi mulut. Jerawat akan hilang dengan sendirinya dalam hitungan hari, hingga satu minggu. Jerawat juga tidak muncul di tepi mulut, karena tidak ada kelenjar minyak di sana.

 Shutterstock
© dream.co.id

Berbeda dengan jerawat, herpes tidak dapat disembuhkan dengan krim wajah biasa. Kamu harus pergi ke dokter untuk mendapat krim racikan khusus. Penanganannya harus dilakukan dengan cepat agar virus tidak menyerang bagian tubuh lain.

(Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

Join Dream.co.id