9 Cara Alami Singkirkan Komedo di Wajah dan Hidung

Beauty | Kamis, 23 Maret 2017 16:20
9 Cara Alami Singkirkan Komedo di Wajah dan Hidung

Reporter : Idho Rahaldi

Atasi komedo kamu secara alami dengan cara berikut ini...

Dream Kulit wajah yang sehat dan indah merupakan dambaan setiap wanita. Untuk memiliki kulit seperti itu dibutuhkan perawatan konsisten setiap hari.

Salah satu masalah yang menjengkelkan dalam merawat wajah adalah munculnya komedo. Sebagian wanita beranggapan komde bisa hilang cuma lewat perawatan mahal. Padahal dengan sedikit ketelatenan dan memakai bahan-bahan yang ada di sekitar kita, kulit wajah yang harus 

Dilansir dari BrightSide.me, berikut adalah beberapa solusi terbaik untuk menghilangkan komedo pada hidung dan wajah secara alami.

1. Jeruk Lemon + Madu + Gula

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Potong jeruk lemon jadi dua bagian dan tuangkan madu secukupnya pada permukaan irisan jeruk lemon.

Setelah itu taburkan dua jumput gula di atas permukaan irisan jeruk lemon tadi (lebih baik menggunakan gula tebu).

Pijat area pada kulit yang memiliki masalah komedo dengan lembut dalam gerakan melingkar menggunakan irisan jeruk lemon tadi. Ulangi prosedur ini kurang lebih sekali seminggu.

2. Vaseline + Bungkus Plastik

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Waktu yang tepat untuk menerapkan trik ini adalah setelah mandi. Karena panas dari air mandi akan membuka pori-pori. Mulailah dengan mengaplikasikan Vaseline pada area yang bermasalah.

Setelah itu, tutup area tadi dengan bungkus plastik sebelum menindihnya dengan handuk panas. Biarkan sampai handuk dingin.

Kemudian gunakan tisu untuk mengangkat Vaseline dari area yang bermasalah, dan tekan-tekan area yang bermasalah tadi untuk merontokkan komedo yang menyumbat pori-pori.

Sekarang, komedo dan kotoran di dalam kulit pasti lebih mudah untuk didorong keluar. Terakhir, gunakan kapas yang sudah dicelup ke dalam lotion untuk membersihkan permukaan kulit. Lakukan prosedur ini sekali atau dua kali dalam sebulan.

3. Minyak Kelapa dan Minyak Esensial

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Menggunakan wadah, hangatkan 1/4 cup (kurang lebih 120 ml) minyak kelapa dalam microwave selama 10-15 detik. Kemudian campurkan 10 tetes air jeruk lemon, esensial lavender, dan esensial pohon teh sambil diaduk hingga rata.

Gunakan bola kapas untuk menempelkan ramuan tersebut ke permukaan kulit yang bermasalah pada pagi hari dan sore hari. Tentu saja setelah mencuci wajah hingga bersih.

Ramuan ini dapat disimpan dalam wadah tertutup pada suhu ruangan.

4. Kayu Manis + Tepung Gandum

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Campur satu sendok teh tepung gandum dengan bubuk kayu manis secukupnya. Tambahkan sedikit air hangat dan aduk rata. Campuran akan menghasilkan krim yang sangat tebal.

Aplikasikan campuran tersebut secara lembut menggunakan ujung jari dalam gerakan melingkar pada wajah Anda.

Scrub selama sekitar 1 menit, lalu bilas wajah secara menyeluruh dengan air dingin. Catatan: kayu manis dapat menyebabkan kesemutan bila diterapkan pada kulit, tetapi akan hilang setelah mencuci wajah.

Trik ini tidak boleh dilakukan lebih dari dua kali dalam sebulan.

5. Arang Aktif + Tanah Liat Hijau

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Campur 1/2 sendok teh bubuk arang aktif, 1 sendok teh tanah liat hijau, dan 1/2 sendok teh air hangat. Aduk campuran tadi sampai benar-benar halus dan tidak terasa ada benjolan.

Oleskan masker ke wajah dengan spons atau kuas. Biarkan masker selama beberapa menit sampai mengering sepenuhnya, lalu bilas dengan air dingin.

Jika melakukan prosedur ini sekali atau dua kali seminggu, maka kulit akan menjadi bersih sepanjang waktu.

6. Minyak Kelapa + Ampas Kopi

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Campurkan 1/2 cup (kurang lebih 120 ml) minyak kelapa yang sudah dihangatkan dalam microwave dengan 1/2 cup (kurang lebih 60 gr) bubuk kopi segar.

Gunakan campuran untuk memijat wajah dengan gerakan melingkar. Setelah itu, biarkan campuran menempel pada wajah selama 5 menit. Baru kemudian gunakan air dingin untuk membasuhnya. Ulangi prosedur ini seminggu sekali.

Sisa campuran yang masih ada bisa disimpan dalam freezer.

7. Lidah Buaya + Tanah Liat Putih + Minyak Esensial

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Campur 2 sendok teh tanah liat putih dan 1 sendok teh gel lidah buaya. Kemudian tambahkan 1 sendok teh air suling polos dan 3 tetes minyak esensial lavender.

Gunakan gelas atau mangkuk keramik, campur semua bahan sampai benar-benar halus. Aplikasikan sebagai masker menggunakan spons atau kuas, dan biarkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Masker ini bisa digunakan dua kali dalam sebulan.

8. Oatmeal + Madu + Yoghurt + Minyak Zaitun

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Masukkan 1/4 cup (sekitar 30 gr) oatmeal, 2 sendok teh yoghurt, 2 sendok teh madu, dan 2 sendok teh minyak zaitun dalam food processor, dan blender sampai tercampur.

Sambil digosok lembut, oleskan campuran tersebut ke wajah yang sudah dibersihkan dengan gerakan melingkar selama 1-2 menit.

Kemudian cuci dengan air hangat. Jika memiliki kulit yang sangat sensitif, jangan digosok. Cukup gunakan campuran sebagai masker wajah, dan biarkan kulit Anda selama sekitar 5-7 menit. Gunakan trik ini sekali atau dua kali selama seminggu.

9. Gula + Madu + Minyak Zaitun + Ekstrak Vanili

 Cara alami bersihkan komedo
© dream.co.id

Campurkan 1/4 cup (sekitar 30 gr) gula putih dengan 1/4 cup gula merah dalam mangkuk dan aduk hingga rata.

Tambahkan 1/4 cup (sekitar 60 ml) minyak zaitun dan aduk rata. Kemudian campurkan 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok teh ekstrak vanili.

Aduk semua bahan tadi sampai benar-benar halus, lalu gunakan campuran ini untuk menggosok setiap masalah komedo yang muncul di wajah dan hidung. Bilas dengan air hangat.

Gunakan ramuan ini seminggu sekali. Simpan dalam stoples pada suhu kamar jika akan menggunakan sisanya.

(Brightside.me)

Terkait
Join Dream.co.id