6 Bahan Alami Bisa Bikin Kulit Cerah dan Cegah Penuaan

Bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit (shutterstock.com)
BEAUTY  |  18 Juli 2018 09:10

Miliki kulit sehat tidak harus mahal. Buktikan dengan 6 bahan berikut ini.

Reporter : Cynthia Amanda Male

Dream - Banyaknya hal yang bisa merusak kulit seperti polusi dan bahan kimia berbahaya, membuat mekanisme alami tubuh tidak sanggup mempertahankan kesehatan kulit.

Pada akhirnya, kita membutuhkan perawatan kulit tambahan untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit.

Menjaga kesehatan kulit tidak selamanya harus membeli produk mahal. Kamu juga bisa mengandalkan bahan alami yang lebih aman untuk kulit.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat kulit.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bermanfaat untuk melembapkan kulit, melawan serta membunuh bakteri. Pijat wajah dengan beberapa tetes minyak kelapa murni di malam hari dan biarkan semalaman. Lalu, bilas wajah saat bungun tidur. Jika kulitmu cukup berminyak, hindari bahan alami ini agar wajah tidak menghasilkan minyak berlebih.

2. Gula

Masalah kulit paling umum biasanya disebabkan oleh sel kulit mati, minyak dan kotoran yang berkumpul di permukaan. Untuk membersihkan ketiga hal itu, kamu bisa menggunakan gula.

Campurkan gula putih dan gula merah dengan jus mention atau air biasa. Lalu, aplikasikan campuran tersebut pada wajah selama 5 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan hal ini 1 sampai 2 kali seminggu.

 Menjaga kesehatan kulit tidak selamanya harus membeli produk mahal

3. Kentang

Kandungan vitamin B dan C dalam kentang mampu mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan noda akibat sinar matahari dan menyamarkan lingkaran hitam.

Peras kentang yang telah di parut. Kamu bisa menambahkan beberapa tetes jus lemon jika kulitmu tidak terlalu sensitif. Setelah itu, oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas. Lakukan secara rutin sekali setiap minggu.

 Menjaga kesehatan kulit tidak selamanya harus membeli produk mahal

4. Aloe Vera

Aloe vera sangat bagus untuk menghilangkan noda, bintik hitam, jerawat dan memperbaiki kulit yang rusak. Jika sulit mencari tanaman lidah buaya, kamu bisa membeli gel lidah buaya yang ada di pasaran.

Pijat kulit menggunakan gel tersebut dan diamkan selama satu jam sebelum dibersihkan dengan air bersih.

5. Gandum

Gandum memiliki kandungan vitamin K yang mampu mengencangkan kulit, menghilangkan noda, bintik-bintik gelap dan mencegah peradangan. Daripada hanya menggunakan gandum, campurkan tomat dan yoghurt supaya wajahmu mendapatkan nutrisi lebih banyak.

Oleskan campuran tersebut pada kulit yang bermasalah dan diamkan 15 menit. Lalu, cuci dengan air dingin. Aplikasikan masker 1 atau 2 kali seminggu untuk hasil lebih maksimal.

6. Madu

Jika dicampur dengan tepung, madu bisa menghilangkan jerawat, sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit tubuh. Selain tepung, madu juga bisa dicampur dengan bubuk kayu manis untuk meningkatkan suplai darah ke wajah.

Aplikasikan campuran madu tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Hindari penggunaan air saat mencampur madu dengan buçuk kamu manis.

Laporan: Qonita Lutfia

PSBB Jakarta Ditambah Sampai 4 Juni, Anies Baswedan- Bisa Jadi yang Terakhir
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :