5 Tips Sederhana Mencegah Jerawat Datang Kembali

(Foto: Shutterstock)
BEAUTY  |  29 Juni 2018 13:22

Sebaiknya fokus pada perawatan rutin daripada menghabiskan banyak biaya untuk membeli krim jerawat.

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Jerawat tidak hanya merusak penampilan, namun juga meninggalkan noda yang mengganggu. Dibutuhkan waktu hingga berminggu-minggu untuk membuatnya memudar.

Dilansir dari Boldsky, ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat pecah dan meninggalkan bekas. Pemicu paling umum adalah pori-pori tersumbat, produksi sebum yang berlebihan di kulit, ketidakseimbangan hormon dan faktor lingkungan.

Namun, alasan yang paling mendasar adalah kurangnya perawatan kulit yang tepat dan gaya hidup tidak sehat. Sebelum menghabiskan uang untuk membeli skincare, cobalah untuk melakukan beberapa tips yang berguna untuk menghilangkan jerawat selamanya.

1. Bersihkan wajah dua kali sehari

 Shutterstock

Ahli perawatan wajah menyarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Cara sederhana ini dapat membantu menjaga kulit bersih dan bebas jerawat. Lakukan pada pagi dan malam hari menjelang tidur untuk mencegah kotoran menempel di permukaan wajah.

2. Berhenti menyentuh wajah

 Shutterstock

Hentikan kebiasaan menyentuh wajah agar terbebas dari kuman dan bakteri yang merugikan. Ini dapat menyebabkan infeksi serta muncul jerawat mengerikan.

3. Ganti sarung bantal secara rutin dan jaga ponsel tetap bersih

 Shutterstock

Hal sederhana seperti sering mengganti sarung bantal berdampak besar pada kulit. Begitu pula dengan ponsel yang hampir setiap saat tersentuh jari tangan dan kotoran, harus selalu dijaga kebersihannya. Dua benda itu merpakan tempat berkembang biak kuman dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

4. Pakai makeup yang tepat

 Shutterstock

Jenis makeup yang tepat bukan yang bertahan lama, tetapi harus aman untuk kulit. Misalnya, pemilik kulit berminyak yang rentan berjerawat harus menggunakan non-comedogenic, karena dilengkapi formula bebas minyak.

Pemakaian produk makeup yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit, dapat mencegah tersumbatnya pori-pori dan datangnya jerawat.

5. Berhati-hati pada produk rambut yang kamu gunakan

 Shutterstock

Tidak sedikit wanita yang berjerawat karena produk rambut yang mereka gunakan. Beberapa item perawatan rambut seperti spray, serum dan sampo yang menjaga keindahan rambut tapi ternyata berpotensi mengancam kesehatan kulit wajah.

Atta Halilintar Tersandung Ucapan Soal Suami
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Lesti Kejora - Rizky Billar Part 2 | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 10
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :