5 Referensi Hiasan Wajib Muslimah Turki Saat Menikah

Beauty | Kamis, 8 April 2021 10:10

Reporter : Dwi Ratih

Apa saja ya?

Dream – Pernikahan merupakan momen sakral yang paling dinanti di dalam hidup, bahkan dalam ajaran Islam menikah adalah penyempurna setengah agamanya.

Selain itu dalam pernikahan umat muslim di berbagai belahan dunia terdapat aturan, tata tertib, dan spesifikasinya sendiri.

Seperti pernikahan di Turki yang tidak bisa dilalui tanpa malam Henna yang diadakan satu atau dua minggu sebelum pernikahan.

Pengantin wanita biasanya akan mengenakan gaun berwarna merah. Upacara ini kemudian diikuti pengantin pria dan teman-temannya.

Menurut kebiasaan, di pintu masuk akan ada dua gadis muda yang membawa lilin, mereka hanya bisa duduk ketika pengantin baru telah berkeliling membentuk lingkaran selama tiga kali.

5 Referensi Hiasan Wajib Muslimah Turki Saat Menikah
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 4 halaman

Ada Tradisi

Lalu seorang anggota keluarga yang lebih tua akan mengambil inai dan meletakkannya di telapak tangan kedua mempelai, kemudian ditutup dengan dukat emas.

Tradisi ini dipercaya merupakan simbolisme adat istiadat dan pernikahan yang sejahtera.

Selain itu, nantinya pengantin baru akan menggunakan pita di leher setelah upacara. Di mana nantinya pita tersebut sebagai tempat untuk para tamu meletakkan uang atau koin emas.

Selain adat itu, biasanya di Timur, penggunaan emas dipakai wanita dalam jumlah banyak. Itulah sebabnya perhiasan emas timur sangat masif dan menarik perhatian.

3 dari 4 halaman

Empat Perhiasan yang Sering Digunakan

1. Cincin

Cincin adalah salah satu perhiasan penting bagi setiap wanita, termasuk dalam Islam. Cincin tersebut sebagian besar berukuran besar yang terbuat dari potongan besar batu mulia.

2. Anting

Anting-anting ini mempertegas keindahan dan sisi feminim pada wanita. Meski yang besar tengah jadi tren saat ini, banyak wanita menyukai anting yang lebih kecil.

3. Liontin

Motif oriental sangat populer, seperti liontin emas yang dihiasi dengan batu alam berukuran besar dan dapat dibuat dalam bentuk simbol.

Seperti bulan sabit, ucapan Alquran, hingga tulisan “ Allah”. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, perhiasan semacam ini juga menjadi tren di beberapa negara-negara Barat.

4 dari 4 halaman

Gelang dan Sarung Tangan

Gelang gaya oriental bisa tebal hingga beberapa sentimeter, gelang bentuk seperti ini sangat populer untuk menghiasi pergelangan tangan wanita timur. Terdapat gelang dengan pilihan cincin di semua jari.

5. Sarung tangan

Gaun yang memiliki panjang hingga ke lantai menutupi hampir seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah, bahkan penggunaan sarung tangan pengantin sering dilakukan.

Saat ini, gaun pengantin muslim paling sering dibuat dari bahan seperti sifon dan satin dengan dekorasi sarung tangan yang menyatu dan sama.

Dan yang populer adalah hiasan bordir emas, namun tetap terdapat manik-manik, payet dan lainnya.

Laporan: Yuni Puspita Dewi, Sumber: Aquila Style

Join Dream.co.id