5 Kesalahan Merawat Wajah yang Picu Jerawat Bertambah Parah

(Foto: Shutterstock)
BEAUTY  |  15 Maret 2018 13:22

Tanpa disadari, semakin banyak perawatan wajah yang kita lakukan malah memicu jerawat makin banyak.

Reporter : Ratih Wulan

Dream - Banyak wanita mendambakan kulit putih dan bersih dari jerawat. Namun tanpa disadari, semakin banyaknya perawatan yang dilakukan malah memicu kerusakan kulit wajah.

Beberapa kebiasaan mengundang jerawat makin sering datang. Dilanir dari Seventeen, berikut beberapa kesalahan perawatan kulit yang umum dilakukan para wanita.

Memakai produk scrub

 Shutterstock

Menggunakan produk abrasive yang kasar dapat membuat jerawat jadi lebih banyak. Menurut Dr. Warren Shapiro, Wakil Presiden Riset dan Pengembangan Senior di Neutrogena, melakukan scrub berlebihan dapat mengganggu kulit. Serta, membuat jerawat lebih sulit dibersihkan dan disembuhkan.

Solusinya, hindari pemakaian produk scrubing dan ganti dengan exfoliator alami yang lebih lembut beberapa kali dalam seminggu.

Mengoleskan obat jerawat hanya pada jerawat

 Shutterstock

Obat jerawat tidak hanya mempercepat penyembuhan jerawat, namun membantu mencegah yang baru akan tumbuh.

Untuk menjaga kulit tetap bersih, sebaiknya oleskan tipis-tipis obat jerawat yang mengandung peroksida benzoil, untuk membunuh bakteri di seluruh area yang cenderung ditumbuhi jerawat.

Memencet jerawat

 Shutterstock

Memencet jerawat bisa menyebabkan infeksi, dan menyebabkan terbentuknya jaringan parut pada kulit. Lebih baik mengoleskan obat dan menahan diri untuk tidak menyentuhnya.

Tidak membilas muka dengan bersih

 Shutterstock

Saat berkumur, biasanya busa akan keluar bersama kotoran dan minyak, jika bekas sabun itu tidak dibilas lagi, maka akan memicu iritasi.

Memakai obat jerawat secara tidak konsisten

 Shutterstock

Penerapan obat jerawat tidak akan efektif jika hanya dipakai 2-3 seminggu. Begitu pula, jika terlalu banyak menggunakan obat jerawat akan mengiritasi dan merusak kult, menyebabkan kemerahan dan kekeringan.

Obat jerawat akan bekerja selama 6-12 jam. Sebaiknya kenakan obat jerawat 2-3 dalam sehari, jadi biarkan meresap ke dalam jaringan kulit dengan maksimal.

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik
Join Dream.co.id
Anda Perlu Tahu :
Tips Menikah dengan Bule Ala Melanie Ricardo
Komentar Anda :
Jangan Lewatkan :