3 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Wajah

Beauty | Kamis, 20 Januari 2022 13:23

Reporter :

Biasa dimakan, tapi pepaya juga bisa kamu gunakan sebagai bahan skincare, lho!

Dream - Pepaya merupakan salah satu buah yang diketahui memiliki segudang nutrisi. Tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, kandungan yang ada di dalam pepaya juga dapat kamu manfaatkan sebagai produk perawatan wajah. 

Buah pepaya memiliki kandungan vitamin A, B, C, dan juga natural AHA. Enzim yang disebut papain mampu menbantu merawat kulit kusam, pori-pori terbuka, dan pigmentasi. 

Kandungan yang ada dalam pepaya dapat kamu manfaatkan sebagai perawatan kulit dengan beberapa cara, lho, Sahabat Dream. Berikut ini, ada beberapa cara gunakan pepaya sebagai perawatan kulit wajah!

3 Manfaat Pepaya untuk Perawatan Wajah
Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 2 halaman

Seperti apa saja?

Sabun Wajah Pepaya 

Pepaya dapat kamu jadikan sebagai pembersih wajah karena selain bisa membersihkan dengan maksimal, kamu juga bisa mendapatkan efek eksfoliasi dari pepaya. 

Cara membuat pepaya sebagai sabun wajah yaitu dengan menghancurkan pepaya dan menambahkan timun yang sudah hancur, serta minyak vitamin E.

Campurkan semua bahan, aplikasikan langsung ke wajah, lalu bilas hingga bersih. 

Scrub Wajah 

Pepaya memiliki enzim papain yang dapat melakukan eksfoliasi secara kimia dengan menambahkan beberapa bahan, kamu juga bisa mendapatkan efek eksfoliasi secara fisik.

Nantinya, scrub ini dapat mengatasi kulit kusam, melembapkan kulit, dan memberikan hasil kulit lebih lembut. 

Cara membuat scrub dari pepaya, kamu cukup mencampurkan pepaya yang sudah dihancurkan dengan gula pasir coklat, dan gandum, perbandingannya 1:1:1.

Setelah campuran tersebut rata, aplikasikan dengan pijatan ke wajah dan bilas hingga bersih. 

Masker Wajah 

Menggunakan masker wajah pepaya, dapat membantu kamu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Vitamin C yang ada dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi, sedangkan vitamin A, membantu kamu mengatasi peradangan di kulit. 

Cara membuat masker wajah dengan bahan pepaya dengan mencampurkannya bersama susu dan madu. Aplikasikan masker ini selama 15 menit, sebelum kamu bilas hingga bersih. 

Sumber: Femina.in 

Join Dream.co.id