2 Hal yang Bikin Penggunaan Retinol Jadi Maksimal

Beauty | Selasa, 24 Agustus 2021 10:15

Reporter :

Siapa yang pakai retinol di skincare?

Dream - Buat Sahabat Dream yang mulai merasa ada kerutan di wajah tampaknya sudah bisa mulai melirik penggunaan retinol di rangkaian perawatan wajah.

Retinol merupakan bentuk vitamin A yang dapat kita temukan dalam krim, pelembap, dan juga serum. Fungsinya sendiri tidak hanya untuk melawan jerawat di wajah, namun juga, menyamarkan garis-garis halus, dan kerutan di wajah.

 Ilustrasi© shutterstock

Mengandung bahan aktif, retinol dapat kamu gunakan sebagai produk anti-aging. Meski demikian, retinol dapat memberikan efek samping seperti iritasi, kulit kering, dan sensitif terhadap matahari.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan retinol dengan tepat, khususnya saat musim panas yang saat ini kita rasakan bersama.

Memaksimalkan penggunaan retinol, kamu bisa ikuti beberapa tips agar tidak terjadi hal-hal buruk pada wajah.

2 Hal yang Bikin Penggunaan Retinol Jadi Maksimal
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 3 halaman

Penyesuaian Kulit Wajah

Ketika menambahkan produk yang mengandung retinol dalam perawatan kulit kamu, penting untuk memulainya dari dosis rendah.

Tidak hanya menggunakannya dengan dosis ringan, kamu juga harus menggunakannya secara bertahap, dimulai dengan seminggu sekali agar wajah dapat menyesuaikan kandungan retinol di wajah.

Setelah menggunakannya seminggu sekali, kamu dapat meningkatkan frekuensinya secara bertahap. Dengan melakukan hal ini, kemungkinan terjadinya iritasi, kemerahan, dan kulit kering, dapat berkurang.

Jika kamu tetap mengalami efek samping tersebut, hentikan penggunanya.

3 dari 3 halaman

Campur Penggunaan Sunscreen

 Ilustrasi© shutterstock

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari wajib dilakukan setiap hari. Namun, saat menggunakan retinol kamu harus memastikan kulit wajahmu terlindungi dari paparan sinar matahari, karena retinol dapat meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar UV.

Jadi sangat penting untuk menggunakan sunscreen yang memiliki paling kecil SPF 30, saat kamu menggunakan memasukan retinol dalam rutinitas skincaremu.

Selain itu, kamu juga dapat menghindari paparan sinar matahari langsung, dan menggunakan topi untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari.

Sumber: Skincare

Join Dream.co.id