Penampakan Gerhana Bulan di Langit Masjid Nabawi, Subhanallah!

KABAR HAJI | 28 Juli 2018 15:30

Reporter : Maulana Kautsar

Detik-detik gerhana bulan total terlihat jelas.

Dream - Gerhana bulan total dapat dinikmati di sebagian wilayah dunia pada Jumat, 28 Juli 2018. Di Arab Saudi, gerhana bulan terlama dalam seabad ini mulai tampak pada pukul 21.35 waktu Arab Saudi

Jurnalis Dream yang tengah meliput kegiatan haji 2018 sempat mengabadikan momen-momen terjadinya gerhana bulan di tanah Saudi.

Dari pantauan di lapangan semalam, sejumlah jemaah haji Indonesia turut serta menjalankan sholat khusuf. Sholat gerhana itu digelar kurang lebih selama 30 menit.

Rahmat, seorang jemaah haji yang turut serta dalam sholat khusuf berjamaan ini tak henti mengucap syukur karena dapat menjalani sholat sunnah itu di Masjid Nabawi.

" Alhamdulillah, dapat sholat gerhana di sini," ujar pria yang tergabung dalam kloter SUB 16 ini.

(Baca: Allahu Akbar! Deretan Foto Penampakan Gerhana Bulan Total di Jakarta)

Selain di Masjid Nabawi, pelaksanaan sholat gerhana juga digelar di kantor Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Mekah.

Guru Besar UIN Sunan Ampel, Surabay, Prof. Aswadi Suhada, menjadi imam dan khutbah disampaikan KH Masrur Ainun Najih. Keduanya merupakan Seksi Bimbingan Ibadah Daker Makkah.

(Baca: Jarang Diketahui, Ada Fenomena Lain Pas Gerhana Bulan 28 Juli)

Dalam khutbahnya, KH Masrur menyampaikan, derajat seseorang ditentukan bukan dari kekayaan atau jabatan melainkan ketaqwaannya. Lebih lanjut dia mengatakan agama Islam lahir untuk memperbaiki aqidah dan akhlak manusia.

“ Dulu banyak orang yang menyembah matahari atau bulan, padahal keduanya adalah tanda kebesaran Allah SWT,” ujar dia.

Fenomena gerhana bulan ini terbilang istimewa. Hal ini disebabkan durasi gerhana yang terbilang terlama di abad ini.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan bahwa gerhana Bulan total atau " super blood moon" pada 28 Juli 2018 menjadi yang terlama. Ini merupakan peristiwa yang langka.

(baca: Gerhana Bulan Total 28 Juli 2018 Langka, Ini Alasannya)

LAPAN memprediksi jika gerhana terlama akan terjadi pada 82 tahun ke depan atau pada 2100 dengan posisi Bulan di tengah-tengah bayangan Bumi.

Berikut penampakann gerhana bulan total di kawasan Masjid Nabawi, Madinah. 

2 dari 2 halaman
Komentar
Beri Komentar
Join Dream.co.id