Otoritas Haji Bersiap Sambut Jemaah di Padang Arafah

Kabar Haji | Kamis, 30 Juli 2020 11:44
Otoritas Haji Bersiap Sambut Jemaah di Padang Arafah
Jemaah Haji Melaksanakan Thawaf Dengan Protokol Kesehatan (Facebook/Haramain)

Reporter : Ahmad Baiquni

Jemaah haji hari ini akan berada di Arafah untuk menjalankan wukuf.

Dream - Otoritas haji menyatakan seluruh persiapan untuk ibadah haji di Padang Arafah telah selesai. Mereka siap menyambut kedatangan jemaah haji.

Kementerian Kesehatan Saudi telah menyediakan fasilitas kesehatan yang lengkap untuk para jemaah haji yang berkumpul di Padang Arafah. Hari ini, jemaah akan melaksanakan puncak haji.

Fasilitas kesehatan di Arafah dilengkapi klinik umum yang dikelola dokter keluarga, konsultan internal, dan perawat khusus tindakan intensof. Juga dilengkapi peralatan untuk menangani stres akibat panas matahari.

Juga terdapat rumah sakit dan klinik bergerak di Muzdalifah sepanjang Hari Arafah untuk melayani jemaah sampai keberangkatan mereka. Kementerian Kesehatan juga menyiapkan tenda terintegrasi untuk isolasi kasus suspek Covid-19 dan menerapkan tindakan pencegahan.

 

2 dari 3 halaman

Pasukan Keamanan Sipil meningkatkan kesiapan di Mina dan telah menyiapkan semua langkan untuk menjaga keamanan dan keselamatan jemaah.

" Semua pihak yang terlibat menjalankan tugas mereka untuk menangani risiko sesuai dengan rencana umum ibadah haji," ujar Komandan Pasukan Keamanan Sipil untuk Haji, Mayor Jenderal Hamoud Al Faraj.

Di Hari Tarwiyah, Kementerian Kesehatan mengumumkan tidak ada kasus baru Covid-19 dari jemaah haji. Saudi telah membatasi jumlah jemaah dalam pelaksanaan haji tahun ini.

 

3 dari 3 halaman

Hanya mereka yang memenuhi persyaratan, diizinkan untuk melaksanakan haji. Salah satunya orang yang beruntung adalah Hamide Hamili, wanita asal Makedonia yang sudah tinggal di Riyadh selama enam tahun.

" Saya sudah memimpikan haji sejak tiba di sini dan akhirnya terjadi," ucap Halimi

Halimi berhaji dalam kelompok berisi 20 orang yang kesemuanya adalah wanita. Satu kelompok ini selalu bersama sejak hari pertama haji.

" Dari hotel ke Miqat dan ke Masjidil Haram, semuanya wanita. Meskipun ada wanita yang datang bersama suaminya, mereka tetalh digabung dengan kelompok wanita. Jadi ini adalah pengalaman persaudaraan sesama wanita yang mengagumkan," kata dia.

Halimi mengaku senang petugas telah mengatur para wanita pada posisi lebih dekat ke Kabah ketika Thawaf. Ibadah tersebut juga berjalan dengan lancar.

Sumber: Arab News

Terkait
Join Dream.co.id