Jemaah Haji Solo Panen Pujian

KABAR HAJI | 1 Agustus 2018 12:48

Reporter : Eko Huda S

Hingga Selasa kemarin, rombongan jemaah asal Solo itu menjadi satu-satunya yang seluruh anggotanya sudah berihram saat mendarat di Jeddah.

Dream - Kementerian Agama mengapresiasi jemaah calon haji dari kloter SOC-44 Solo. Apresiasi itu diberikan karena rombongan ini menaati imbauan untuk berihram sejak dari Tanah Air. Saat tiba di Bandara Jeddah, seluruh jemaah dalam kloter ini memang mengenakan kain ihram.

“ Bukan tanpa sebab, apresiasi ini diberikan atas kepatuhannya menjalankan imbauan agar jemaah haji berihram sejak dari embarkasi,” demikian apresiasi Kepala Daker Bandara, Arsyad Hidayat, yang disampaikan melalui Kasi MCH, Abdul Basyir, dikutip dari laman kemenag.go.id, Rabu 1 Agustus 2018.

Para jemaah calon haji Indonesia yang berangkat dalam gelombang ke dua memang diimbau untuk berihram sejak di tanah air. Sehingga bisa mempercepat proses pemberangkatan dari bandara kedatangan ke Mekah. Hingga Selasa kemarin, rombongan jemaah asal Solo itu menjadi satu-satunya yang seluruh anggotanya sudah berihram saat mendarat di Jeddah.

“ Seperti SOC-44 yang tiba di Bandara Jeddah pada Senin 30 Juli pukul 18.30 WAS, sebanyak 165 jemaah laki-laki Embarkasi Solo tampak seluruhnya telah berpakaian ihram,” terang Basyir.

Sebanyak 195 jemaah perempuan, tambahnya, juga sudah siap dengan pakaian muslimah berwarna putih. Saat keluar bandara melalui Gate B terminal haji Bandara Jeddah, jemaah bisa langsung memasuki bus.

“ Mereka kemudian langsung membaca niat ihram sebelum bertolak ke Mekah untuk melaksanakan umrah,” tandas Basyir lagi.

Pantauan di lapangan hingga Selasa sore, 31 Juli 2018, jemaah asal Solo memang paling konsisten, seperti terakhir SOC-46 yang tiba Selasa siang juga seluruhnya telah berihram. Sayangnya, yang dilakukan jemaah kloter tersebut belum sepenuhnya dicontoh jemaah kloter lain.

“ Bukan hanya sebagian yang tidak berihram dalam satu kloter, bahkan beberapa kloter yang tiba tampak masih berbatik haji,” tambah Basyir.

Panitia haji Indonesia terus mengimbau para jemaah yang belum berangkat untuk berihram di embarkasi. Sehingga mempercepat proses pemberangkatan dari bandara kedatangan ke Mekah.

“ Dimohon kepada seluruh Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota mengimbau kepada seluruh jemaah gelombang II untuk dapat melakukan mandi sunah ihram dan menggunakan kain ihram di embarkasi keberangkatan,” tegas Direktur Pembinaan Haji, Khoirizi. 

Komentar
Beri Komentar
Join Dream.co.id