Jemaah Haji Indonesia Wafat Saat Berwudu

KABAR HAJI | 3 September 2018 13:55

Reporter : Eko Huda S

Jemaah berusia 78 tahun tersebut mengembuskan nafas terakhir ketika berwudu, saat hendak melaksanakan sholat Jumat.

Dream - Salah satu jemaah haji yang tergabung dalam kloter 80 Surabaya, Kusnarto, meninggal dunia di Mekah. Jemaah berusia 78 tahun tersebut mengembuskan nafas terakhir ketika berwudu, saat hendak melaksanakan sholat Jumat.

Menurut petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 80, Ilham Rohim, Kusnarto awalnya masuk ke kamar mandi untuk berwudu pada Jumat 31 Agustus 2018. Dia masuk pukul 10.15 waktu Arab Saudi

Teman sekamar, Sulistyo, mulai curiga karena Kusnarto tak kunjung keluar dari kamar mandi. Sulistyo lantas meminta Supiah, istri Kusnarto, untuk melihat kondisi suaminya di kamar mandi.

Dengan dibantu beberapa petugas hotel, mereka membuka pintu kamar mandi dan menemukan Kusnarto dalam kondisi lemah. Kusnarto kemudian dibaringkan di tempat tidur dan diberikan penanganan oleh tenaga medis.

Namun, tak lama kemudian Kusnarto menghembuskan nafas terakhirnya, sekitar pukul 10.30 WAS. Jenazah warga Japanan Kecamatan Gudo, Jombang, ini kemudian dibawa ke Rumah Sakit Ahmad Faisal dan pemandian Muhajirin. Jenazah Kusnarto disholatkan di Masjidil Haram dan dimakamkan di pemakaman Shara e Makkah

Kusnarto, taambah Ilham, merupakan jemaah beresiko tinggi (resti) yang memiliki riwayat penyakit asma.

Sementara pada hari yang sama, Chamdanah (73), jemaah haji yang tergabung dalam kloter 78 asal Jombang juga meninggal dunia karena penyakit pernafasan.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Jamal, menjelaskan, hingga kini terdapat 38 jamaah haji yang meninggal di Tanah Suci dan satu orang yang meninggal dalam perjalanan dari bandara menuju debarkasi Surabaya.

“ Hingga hari ini ada 38 jamaah haji yang meninggal dunia di tanah suci. 36 jamaah dari Jawa Timur dan 3 orang dari jamaah NTT. Ditambzh satu lagi jamaah haji asal Sumenep kloter 11 yang meninggal di ambulan saat perjslanan dari bandara ke debarkasi Surabaya,” tutur Jamal.

Sehingga, total terdapat 38 jamaah haji yang dinyatakan meninggal dunia di tanah suci serta 1 orang meninggal dalam perjalanan menuju debarkasi Surabaya sampai hari kelima pemulangan jamaah haji debarkasi Surabaya

2 dari 2 halaman
Komentar
Beri Komentar
Join Dream.co.id