Jemaah Haji Indonesia Gelar Zikir Bersama & Khataman Quran di Mekah

KABAR HAJI | 4 September 2018 11:01

Reporter : Eko Huda S

Zikir dan khataman Alquran ini sebagai refleksi rasa syukur karena pelaksanaan rangkaian ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar.

Dream - Berbagai cara dilakukan oleh jemaah haji asal Indonesia untuk mengungkapkan rasa syukur karena telah diberi kesempatan untuk menunaikan rukun Islam ke lima itu. Di antaranya menggelar zikir bersama dan khataman Alquran.

Seperti yang dilakukan jemaah haji asal Mandailing Natal yang tergabung pada Kloter 3 Medan. Pada Senin 3 Agustus 2018, mereka menggelar zikir bersama, khataman Alquran, dan doa bersama di Lantai M Hotel di Mahbas Jin, Mekah, Arab Saudi.

Ketua Kloter, H. Ikhwan Siddiqi, mengatakan bahwa pelaksanaan zikir dan khataman Alquran ini sebagai refleksi rasa syukur karena pelaksanaan rangkaian ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar.

“ Zikir dan doa ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi segenap bangsa Indonesia, khususnya bagi jemaah haji Mandailing Natal dalam mengisi kemerdekaan dengan kerja nyata sesuai dengan bidnag dan keahlian masing masing,” kata Ikhwan, dkutip dari sumut.kemenag.go.id.

Melalui zikir, doa, dan khataman Alquran ini, para jemaah haji asal Mandailing Natal ini berharap seluruh iabdah mereka diterima oleh Allah. Mereka juga berdoa agar selalu diberi kemudahan dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup, kemudahan rezeki, dan diberikan kesempatan untuk kembali berziarah dan berkunjung ke Tanah Suci.

Zikir, khataman Alquran, dan doa bersama, ini dipandu oleh Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia, Ahmad Zainul Khobir, Amir Husin, dan diikuti oleh seluruh jemaah. Dengan khusyuk mereka melafadzkan ayat-ayat suci Alquran, sholawat, tahtim dan tahlil, dan ditutup dengan doa.

Para jemaah terlihat meneteskan air mata. Mereka merasa sedih karena harus meninggalkan Tanah Suci menuju kampung halaman. Para jemaah ini juga mengucapkan terimakasih kepada mukimin asal Mandailing Natal Sumatera Utara yang tergabung dalam organisasi Kerukunan Keluarga Sumatera Utara (KKSU). 

Komentar
Beri Komentar
Join Dream.co.id