Inilah yang Terjadi Jika Jemaah Haji Pakai Ihram Sejak di Tanah Air

KABAR HAJI | 31 Juli 2018 15:48

Reporter : Maulana Kautsar

Jemaah calon haji asal Indonesia diimbau untuk mengenakan kain ihram sejak dari tanah air.

Dream - Imbauan pemakaian ihram sejak dari Tanah Air rupanya dipatuhi oleh jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang SOC-44. Para jemaah yang terbang dari Solo yang tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah pada Selasa 31 Juli 2018 terlihat sudah mengenakan ihram.

Saat keluar bandara melalui Terminal B King Abdulaziz International Airport, para jemaah bisa langsung memasuki bus. Mereka langsung membaca niat ihram sebelum bertolak ke Mekah untuk melaksanakan umroh.

“ Memang sudah disuruh pakai dari embarkasi sama petugas,” kata seorang jamaah kloter tersebut. Tetapi, yang dilakukan jemaah kloter tersebut belum sepenuhnya dicontoh jamaah kloter lain.

Daker Bandara PPIH Arab Saudi mencatat, hanya 0,5 persen jemaah asal kloter Embarkasi Padang, yang mengenakan pakaian ihram. Sementara salah satu kloter dari Embarkasi Jakarta-Bekasi yang tiba kemarin, hanya 50 persen yang berpakaian ihram.

Panitia haji telah meminta petugas-petugas di berbagai embarkasi mendorong anjuran berpakaian ihram sejak di Tanah Air.

“ Dimohon kepada seluruh Kakamenag (kepala kantor Kementarian Agama) untuk mengimbau kepada seluruh jemaah haji gelombang ke dua untuk dapat melakukan mandi sunah ihram dan mengunakan kain ihram di embarkasi keberangkatan,” kata Direktur Bina Haji Kemenag, Khoirizi Dasir.

Sebab, proses kedatangan di Bandara KAIA Jeddah semakin singkat setelah proses imigrasi dilakukan di Tanah Air. “ Mohon dapat di sosialisasi untuk kelancaran proses pendorongan (jemaah) di Jeddah,” kata dia.

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari tanah Suci 

Komentar
Beri Komentar
Join Dream.co.id