Yuk, Rutin Push Up Agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Fresh | Senin, 4 Maret 2019 13:16
Yuk, Rutin Push Up Agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Reporter : Mutia Nugraheni

Jangan lupa push up setiap hari.

Dream - Sahabat Dream sering melakukan push up? Jika iya, lakukan secara rutin setiap hari. Bukan hanya bisa mengencangkan otot lengan, deda dan menguatkan otot inti, tapi sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Hal ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasi dalam JAMA Network Open. Diketahui, kapasitas push-up berbanding terbalik dengan insiden penyakit kardiovaskular (CVD) di masa depan.

Artinya, semakin banyak push-up yang dapat dilakukan, semakin kecil kemungkinan kamu terkena serangan jantung dan strok. Para peneliti menemukan bahwa risiko penyakit kardiovaskular 96 persen lebih rendah pada pria yang mampu melakukan pushup 40 atau lebih selama tes fisik dibandingkan dengan pria yang bisa melakukan 10 atau lebih sedikit.

" Penelitian ini memang tak bisa digeneralisir, terutama pada mereka yang kesulitan melakukan push up. Tapi intinya adalah melakukan latihan yang menguatkan otot dada, terutama bagian atas tubuh sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung," ujar dr. Guy L. Mintz, kepala Cardiovascular Health & Lipidology, Northwell Health’s Sandra Atlas Bass Heart Hospital, New York.

Mintz merekomendasikan untuk mereka yang tak kuat atau tak terbiasa push up untuk mencari latihan lain yang dianggap mampu melatih otot atas tubuh. Pola makan juga sangat berpengaruh terhadap level risiko penyakit kardiovaskular.

" Memadukan keduanya olahraga dan makan sehat jadi kunci utama untuk menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan," ungkap Mintz.

Sumber: Healthline

Join Dream.co.id