Yuk, Kenali Penyebab Haid Terlambat dan Solusinya

Fresh | Jumat, 14 Juni 2019 13:12
Yuk, Kenali Penyebab Haid Terlambat dan Solusinya

Reporter : Siwi Nur Wakhidah

Sabahat Dream pernah terlambat haid? Jangan panik dulu.

Dream- Haid atau menstruasi sudah sewajarnya dialami oleh perempuan yang sudah menginjak usia remaja. Rata-rata perempuan berusia 12 – 15 tahun akan mengalami masa haid pertamanya, namun karena pengaruh beberapa faktor seperti keturunan dan asupan gizi, haid pertama bisa saja dialami lebih awal yaitu di usia 8 tahun.

Haid, lazim terjadi apabila tidak adanya pembuahan sel telur oleh sperma, sehingga dinding rahim atau endometrium meluruh bersama darah dan keluar melalui vagina. Proses inilah yang dinamakan menstruasi atau haid, dan normalnya terjadi dalam beberapa hari di setiap bulan.

 Perempuan


Siklus haid setiap perempuan juga berbeda-beda. Normalnya perempuan mengalami haid selama 3 sampai 7 hari dengan panjang siklus haid 21 hingga 35 hari. Jadi, untuk para perempuan jangan langsung panik apabila tanggal haid berbeda-beda setiap bulannya, kadang maju atau kadang mundur. Hal ini normal terjadi, karena panjang siklus haid yang berbeda-beda setiap bulannya.

Selama panjang siklus masih berada di batas normal antara 21 hari hingga 35 hari, kita tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan. Namun, kalau panjang siklus haid sudah melewati batas 35 hari, kita perlu was-was. Ada banyak penyebab terlambatnya haid, sebelum terlalu panik, coba baca dulu penyebab-penyebab haid terlambat di bawah ini:

2 dari 5 halaman
Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim
Join Dream.co.id