Waspada, Minuman Manis Tingkatkan Risiko Terkena Berbagai Jenis Kanker

Fresh | Jumat, 12 Juli 2019 11:48
Waspada, Minuman Manis Tingkatkan Risiko Terkena Berbagai Jenis Kanker

Reporter : Sugiono

Minuman manis ternyata juga bisa meningkatkan risiko terkena berbagai jenis kanker.

Dream - Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis tidak hanya menyebabkan obesitas hingga diabetes. Minuman manis juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Sebuah penelitian terbaru di Prancis mengungkapkan penemuan yang cukup mengejutkan dunia medis. Riset itu menemukan bahwa minuman manis juga meningkatkan risiko terkena berbagai jenis kanker.

Laman New Straits Times melaporkan beberapa jenis kanker yang dikaitkan dengan minuman manis, sepert soda dan jus buah.

2 dari 4 halaman

Berawal dari Obesitas

menurut penelitian yang dipublikasikan di laman BMJ, salah satu faktor utama penyebab risiko kanker ini adalah obesitas.

Sekelompok ilmuwan di Prancis melakukan penelitian tentang hubungan konsumsi gula yang tinggi dengan risiko kanker, seperti payudara, prostat, dan usus.

Lebih dari 100.000 orang dewasa dengan usia rata-rata 42 tahun berpartisipasi dalam penelitian yang sekira 79% di antaranya adalah wanita.

3 dari 4 halaman

Konsumsi Gula Tingkatkan Risiko Kanker

Selama sembilan tahun, peserta penelitian harus menjawab dua kuesioner tentang diet mereka selama 24 jam secara online.

Salah satu kuesioner tersebut menghitung asupan gula harian peserta penelitian, serta porsi minuman dan jus buah asli dengan pemanis buatan.

Hasilnya sungguh mencengangkan. Penambahan sebanyak 100 mililiter minuman manis dalam sehari dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker sebanyak 18%. Sedangkan risiko kanker payudara meningkat menjadi 22%.

Minuman manis seperti jus buah asli yang ditambah dengan gula juga memiliki efek yang sama.

4 dari 4 halaman

Memberi Pengaruh Secara Tidak Langsung

Ketika para peneliti melakukan perawatan tindak lanjut terhadap peserta, mereka mengidentifikasi 2.193 kasus kanker dengan usia rata-rata adalah 59 tahun.

Meskipun tidak mengkonfirmasi dugaan penyebab kanker berasal minuman manis, penelitian ini memiliki ukuran sampel yang besar dan telah disesuaikan dengan faktor-faktor berpengaruh lainnya.

" Studi besar yang dirancang dengan baik ini menambah bukti bahwa konsumsi minuman manis dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa jenis kanker," kata Graham Wheeler, ahli statistik senior dari Cancer Research UK.

Para peneliti mengusulkan agar mengenakan pajak pada makanan dan minuman manis. Tujuannya agar memiliki efek signifikan terhadap pengurangan jumlah penderita kanker.

Sumber: World of Buzz

Summer Style 2019
Join Dream.co.id