Waktu Tidur Pengaruhi Berat Badan, Lho!

Fresh | Rabu, 26 Juni 2019 19:24
Waktu Tidur Pengaruhi Berat Badan, Lho!

Reporter : Dwi Ratih

Jadi berapa jam yang dibutuhkan tubuh ktia untuk menghindari obesitas?

Dream - Kunci penurunan berat badan ternyata tidak hanya pola makan dan olahraga teratur. Kebiasaan tidur rupanya punya peranan tak kalah penting untuk menyusutkan kelebihan berat badan.

Menurut Pusat Kesehatan dan Kinerja Manusia, salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang ketika hendak menurunkan berat badan adalah kurangnya waktu tidur.

Padahal saat tidur, tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri dengan melepaskan hormon pertumbuhan yang meliputi perangsangan otot, sintesis protein, dan proses pemecahan lemak yang disebut lipolisis.

 shutterstock

Karena hormon pertumbuhan membantu memperbaiki tubuh, tidak mendapatkan tidur yang nyenyak akan memotong proses penting ini. Penelitian menunjukkan tidur hanya empat hingga lima jam dalam sehari pada akhirnya dapat menyebabkan obesitas.

Sebaiknya, pastikan Sahabat Dream tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap hari untuk mendapatkan kualitas tidur dengan benar dan kamu juga bisa mencegah obesitas.

Hal ini juga dibenarkan National Sleep Foundation yang mana menjelaskan bahwa orang dewasa harus tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam agar tubuh terasa lebih segar menyambut aktivitas sehari penuh.

 shutterstock

Sumber: timesofindia

Laporan: Alfi Salima Puteri

2 dari 6 halaman

Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Atasi Kanker Hingga Diabetes

Dream - Meski rasanya sangat pahit, pare atau bitter melon tak diragukan khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Khasiat pare untuk kesehatan sudah terbukti secara ilmiah setelah seorang ahli dari Amerika Serikat melakukan penelitian.

Dokter asal Amerika Serikat, Frank Shallenberger, M.D. telah menggunakan buah ini untuk mengobati kanker pankreas.

Spesialis pengobatan anti penuaan dan alternatif di The Nevada Center of Alternative & Anti-Aging Medicine ini, selalu menyarankan pasiennya untuk menggunakan bahan alami dalam melawan pertumbuhan sel kanker.

Ia telah melakukan berbagai penelitian demi menemukan obat yang tepat untuk mengatasi ganasnya sel kanker.

Akhirnya, ditemukan bahwa pare sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh para pasien.

Pare Mampu Menghancurkan Sel Kanker


Shallenberger mengungkapkan, 5 persen jus pare diencerkan ke dalam air, maka bisa melawan kanker pankreas secara efektif.

Kemampuan pare bahkan bisa menghancurkan sel kanker dengan tingkat keberhasilan mencapai 90 hingga 98 persen.

 Tak Suka Makan Pare? Coba untuk Merawat Kecantikan Yuk!

Sementara itu, University of Colorado juga melakukan uji coba terhadap kehebatan tanaman yang hanya tumbuh di sebagian Asia dan Amerika Selatan ini.

Hasil penelitian University of Colorado juga memperlihatkan hasil yang sangat menggembirakan. 

Menurut penelitian itu, efek pare bahkan bisa mengurangi ukuran tumor pankreas hingga 64 persen.

Tidak Hanya Mengatasi Kanker


Hasil penelitian Shallenberger hanyalah salah satu dari sekian banyak manfaat pare bagi kesehatan manusia. 

Pare bisa digunakan untuk mengobati asmamengatasi infeksi kulit dan mengatasi masalah perut.

 6 Manfaat Menakjubkan Pahitnya Pare

Selain itu, pare juga bisa untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan mengatasi gejala diabetes. Pare telah digunakan sebagai obat tradisional di China, India, Indonesia, Afrika dan Amerika Selatan selama berabad-abad.

Kandungan Vitamin dan Nutrisi di dalam Pare

 

Pare sangat rendah kalori tetapi mengandung nutrisi dalam jumlah yang tinggi. Makanan yang biasa ditumis ini menjadi sumber vitamin B1, B2, B3 dan C, magnesium, folat, seng, fosfor serta mangan.

 Ilustrasi

Pare adalah bahan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu, pare juga kaya akan zat besi, mengandung beta-karoten dua kali lebih banyak daripada brokoli.

Pare juga mengandung lebih banyak kalsium daripada bayam, serta dua kali lipat kalium dibandingkan dengan pisang.

Satu-satunya yang mengurangi daya tarik pare adalah rasanya yang sangat pahit. Padahal, di balik rasanya yang pahit, pare menawarkan semua nutrisi bermanfaat yang dibutuhkan tubuh.

(ism, Sumber: Just Naturally Healthy )

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Varises Secara Medis, Wajib Tahu!

Dream – Varises kerap terjadi di kaki pada sebagian masyarakat. Tidak hanya dapat terjadi di Indonesia saja, varises tentu saja dapat terjadi kepada siapa saja di seluruh dunia.

Varises merupakan suatu kondisi dimana pembuh vena melebar dan berkelok-kelok. Varises menjadi sangat tidak nyaman karena pembuluh vena yang berkelok tersebut muncuk ke permukaan kulit.

Selain membuat rasa tidak nyaman, varises juga bisa memunculkan rasa sakit bagi penderita serta menjadi permasalahan pada kecantikan.

Varises dapat bertambah parah apabila tidak ditangani dengan tepat dan baik. Parahnya varises ini bisa mengakibatkan terjadi pendarahan dan membentuk bekuan darah pada varises itu. 

Bahkan, apabila terus dibiarkan dan tidak ditangani secara tepat, varises bisa menyebabkan kanker loh Sahabat Dream.

Tentu saja kalian tidak ingin mengalaminya kan? Untuk itu, berikut informasi mengenai cara mengatasi varises yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Simak informasi berikut ini:

 

4 dari 6 halaman

Mikroskleroterapi

Cara Mengatasi Varises: Medis

1.    Operasi Laser

 Cara Mengatasi Varises secara Medis, Amankah?

Operasi laser lebih diperuntukkan bagi seseorang yang menderita varises dalam bentuk yang kecil. Cara mengatasi varises dengan operasi laser hanya menggunakan cahaya dengan kekuatan tertentu yang bertujuan untuk mengecilkan varises di tubuh.

Cara ini sama sekali tidak membutuhkan pembiusan kepada sang penderita sebab cara ini tidak membutuhkan pemotongan pembuluh vena.

Dengan Mikroskleroterapi

2.    Mikroskleroterapi

Selain dengan operasi laser, penderita varises dengan ukuran kecil atau sedang bisa menggunakan cara mikroskleroterapi.

Perbedaannya adalah pada teknik ini dokter akan menyuntikan obat ke dalam vena menggunakan jarum yang sangat tipis.

Obat itu yang nantinya akan membantu memunculkan jaringan parut dalam pembuluh darah agar varises dapat tertutup.

 

5 dari 6 halaman

Buat yang Agak Parah

Sayatan Kecil

3.    Flebektomi

Teknik ini akan dimulai dengan membuat sayatan kecil di kulit. Dengan adanya sayatan itu nantinya sang dokter akan membuang varises yang ada di tubuh kalian.

Tentu saja, bagi kalian yang menggunakan cara ini akan mendapatkan pembiusan lokal. Setelah melakukan flebektomi, Sahabat Dream bisa langsung pulang loh.

Buat yang Agak Parah

4.    Mengelupas vena

Melakukan pengelupasan vena hanya untuk para penderita varises yang sudah dianggap parah oleh para dokter. Pada metode ini, vena yang panjang akan diambil dan dibuang oleh para dokter.

Dimulai dengan membuat sayatan atau luka kecil di kulit, tentu saja para pasien akan mendapatkan pembiusan total oleh sang dokter. Waktu pemulihan menggunakan teknik ini terbilang cukup lama sekitar 1-4 minggu.

 

6 dari 6 halaman

Kulit Sering Berkeringat Berlebih? Waspada Gejala Paru-Paru Basah

Dream – Paru-paru merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Penyakit pada saluran pernafasan ini, sering muncul pada orang yang tinggal di lingkungan lembab dan mereka yang rutin berpergian jauh mengendarai sepeda motor.

Paru-paru basah atau Pneumonia merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi yang memicu inflamasi pada kantong udara atau alveolus di paru-paru.

Infeksi ini bisa terjadi di salah satu bagian paru-paru ataupun keduanya. Infeksi disebabkan jamur, bakteri ataupun virus yang menyerang sistem pernafasan.

Paru-paru basah dapat diatasi dengan cepat apabila kalian mengetahuinya sejak dini. Semakin lama kalian menyadarinya dan tidak ditangani dengan baik, maka paru-paru basah bisa menjadi sulit untuk disembuhkan.

Tenang, Dream.co.id akan memberikan informasi mengenai paru-paru basah. Simak informasi berikut ya Sahabat Dream.

Penyebab Paru-Paru Basah

Setiap orang bisa saja terkena paru-paru basah atau pneumonia. Namun, ada beberapa orang yang memiliki tingkat risiko lebih tinggi daripada yang lainnya.

Rentan tidaknya seseorang begantung pada seberapa dekat dengan faktor penyebab paru-paru basah. Berikut merupakan penyebab paru-paru basah:

  • Terbiasa merokok
  • Stroke, Demensia, Parkinson, dan penyakit neurologis lainnya
  • COPD, Bronkiektasis, Cystic Fibrosis Cerebral Palsy, atau penyakit paru-paru lainnya
  • Penderita penyakit jantung, sirosis hati, dan kencing manis
  • Penderita gangguan kesadaran
  • Tinggal di fasilitas keperawatan
  • Trauma
  • Setelah melakukan operasi
  • Daya tahan tubuh lemah

Gejala Paru-Paru Basah

Gejala paru-paru basah bisa dirasakan oleh seseorang dengan tingkat ringan hingga parah sakitnya. Hal tersebut tergantung dengan jenis paru-paru basah yang diderita oleh si penderita. Berikut merupakan gejala paru-paru basah yang bisa kalian pelajari agar dapat memastikan apakah kalian terkena peru-paru basah atau tidak.

1.    Gejala Umum

  • Demam (suhu badan bisa sedikit tinggi hingga tinggi)
  • Batuk (Umumnya akan mengeluarkan lendir kehijauan atau kuning, bila parah bisa mengeluarkan darah)
  • Tubuh menggigil
  • Sulit bernafas

2.    Gejala Khusus

  • Nyeri yang tajam pada dada (saat menarik nafas, seolah ada yang menusuk dengan dalam dan disertai batuk)
  • Sakit kepala
  • Mengeluarkan keringat yang berlebihan
  • Nafsu makan yang menurun
  • Mudah kelelahan
  • Merasa mudah bingung

Komplikasi pada Paru-Paru Basah

1.    Bakteremia

Komplikasi ini terjadi karena masuknya bakteri ke dalam aliran darah dari paru-paru. Hal ini dapat mengakibatkan bakteri tersebut untuk menyebar ke seluruh organ di dalam tubuh. Apabila penderita sudah mengalami komplikasi bacteremia makan penderita tersebut berpotensi mengalami gagal fungsi organ.

2.    Sulit bernafas

Pada kasus paru-paru basah, penderita akn semakin sulit bernafas apabila penyakitini telah tergolong menjadi kronis. Bagi kalian yang sudah mulai merasakannya, sebaiknya segera ke rumah sakit untuk dirawat dan bisa kembali bernafas karena dibantu menggunakan mesin pernafasan (ventilator).

3.    Efusi Pleura

Komplikasi ini terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam paru-paru. Cairan tersebut akan penumpuk di ruang tipis anatara lapisan jaringan yang melapisi paru-paru dengan rongga dada (pleura). Namun, apabila cairan semakin banyak dan sudah terinfeksi, maka para dokter akan melakukan pembedahan dengan tabung dada guna mengeluarkan cairan tersebut.

4.    Abses paru-paru

Komplikasi ini terjadi apabila paru-paru sudah terdapat cairan nanah di dalamnya. Pada umumnya, para penderita komplikasi abses paru-paru akan melakukan pengobatan dengan menggunakan antibiotik. Namun, apabila kondisinya semakin memburuk maka para dokter akan mengambil tindakan operasi drainase. Operasi ini dilakukan dengan memasukkan jarum panjang atau tabung yang nantinya akan ditempatkan di abses guna mengeluarkan cairan nanah tersebut.

Cara Mengatasi Paru-Paru Basah

1.    Mendapat Divaksinasi

Pembuatan vaksin dilakukan dengan tujuan untuk bisa mencegah beberapa jenis radang paru-paru dan flu. Sebelum melakukan vaksin, Sahabat Dream harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya. Saat ini, petunjuk penggunaan vaksin sudah semakin banyak berubah sebab pedoman vaksin akan terus berubah dari waktu ke waktu. Untuk itu, pastikan vaksin kalian dengan dokter agar tidak salah.

2.    Melakukan Vaksinasi pada anak-anak

Vaksin untuk paru-paru basah saat ini sudah ada beberapa jenis. Untuk anak-anak sendiri memiliki dua jenis vaksin paru-paru basah. Kedua jenis tersebut meliputi vaksin untuk anak berusia dibawah 2 tahun dan vaksin untuk anak berusia 2-5 tahun. Vaksin dilakukan pada anak yang beresiko akan menderita pneumokokus. 

Selain itu, pada saat mengunjungi tempat perawatan anak kelompok, anak-anak harus mendapatkan vaksin. Sebaiknya atas anjuran dokter, anak-anak yang lebih tua 6 bulan untuk melakukan vaksin flu.

3.    Menjaga kebersihan

Menjaga selalu kebersihan diri kita dan lingkungan di sekitar kita merupakan salah satu cara mengatasi paru-paru basah yang paling mudah untuk dilakukan. Mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir merupakan sebuah tindakan yang paling efektif. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari penularan bakteri dari benda atau seseorang yang melakukan kontak fisik dengan kita.

4.    Hindari merokok

Menghindari merokok merupakan salah satu cara mengatasi paru-paru basah yang utama. Perlu diingat bahwa merokok dapat merusak paru-paru kalian. Dengan merokok, pertahanan alami yang ada pada paru-paru akan rusak. apabila pertahanan alami tersebut rusak maka paru-paru akan lebih mudah terinfeksi.

(Sah, Sumber: sehat.com/kenali-gejala-dan-ciri-ciri-penyakit-paru-paru-basah/" target=" _blank" >doktersehat.com dan alodokter.com)

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id