Virus Nipah Mewabah di India, Merusak Otak Manusia

Fresh | Rabu, 23 Mei 2018 17:50
Virus Nipah Mewabah di India, Merusak Otak Manusia

Reporter : Maulana Kautsar

Diduga disebarkan kelelawar yang berkerumun di dekat sumur milik warga.

Dream - Wabah virus langka yang disebarkan kelelawar buah telah membunuh 10 orang di India. Otoritas Kesehatan negeri Hindustan itu mengatakan, virus yang diberi nama Nipah itu mengakibatkan gejala flu dan kerusakan pada otak manusia.

Virus ini telah menyerang negara bagian Kerala, India. Kematian pertama akibat virus ini terjadi pada Jumat, 18 Mei 2018, di Distrik Kozhikode.

Menteri Kesehatan India, K.K Shailaja, kejadian ini merupakan peristiwa pertama yang dialami negara tersebut. " Ini situasi baru bagi kami. Kami tidak memiliki pengalaman sebelumnya menangani virus Nipah. Kami berharap dapat menghentikan virus ini," kata Shailaja, sebagaimana dikutip Dream dari Alarabiya, Rabu 23 Mei 2018.

Menurut Shailaja, dilaporkan Al Arabiya, mengatakan saat ini 18 orang telah diperiksa terkait wabah virus itu. Dari jumlah itu, 12 orang diketahui positif terjangkit virus Nipah, 10 di antaranya meninggal dunia dan dua lainnya dalam pengawasan ketat.

Tiga orang korban merupakan satu keluarga. Ketiga orang ini diduga terinfeksi virus itu karena kerumunan kelelawar yang menghuni sumur di dekat rumah mereka.

" Kami telah menutup sumur itu dan mengevakuasi orang-orang yang tinggal di dekatnya," kata pejabat pemerintah setempat, U.V. Jose.

" Sejumlah orang yang mendadak terkena demam, berpenyakit ringan, segera ke rumah sakit karena khawatir terjangkit virus itu," ucap dia, menambahkan.

Virus Nipah penah membunuh 260 orang di Malaysia, Bangladesh, dan India, pada 1998. Badan kesehatan PBB, WHO, memperkirakan, tingkat kematian akibat virus ini naik hingga 70 persen.

WHO telah menetapkan Nipah sebagai salah satu dari penyakit prioritas yang menyebabkan epidemi global, bersama Ebola dan Zika. Saat ini belum ada vaksi untuk menangkal virus ini.

Terkait
Jejak Bermusik Alya Zurayya
Join Dream.co.id